Sampah medis dittemukan di Tamana Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Warga Temukan Sejumlah Sampah Medis di Kawasan Hutan Lindung Karaenta Maros

Selasa, 05 Maret 2019 | 12:06 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pihak Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TNBABUL) menggelar aksi bersih sampah di sepanjang jalan poros Maros – Bone, tepatnya di kawasan hutan lindung Karaengta, Pattunuang Asue, Desa Samangki, Kecamatan Simpang, Maros.

Dalam aksi tersebut sedikitnya 10 ton sampah yang kebanyakan merupakan sampah organik, plastik dan rumah tangga dikumpulkan dan diangkut menggunakan truk sampah milik Dinas Kebersihan Maros.

pt-vale-indonesia

“Aksi bersih sampah ini kita lakukan didua titik salah satunya di sepanjang jalan poros, kawasan hutan lindung Karaengta dengan luas sekitar 13 hektar,” ujar kepala Balai TNBABUL Yusak Mangetan. Selasa (5/3/2019).

Selain limbah rumah tangga, tim aksi bersih kegiatan HPSN ini juga menemukan sejumlah tumpukan sampah limbah medis yang terkemas dalam kantong plastik.

“Kita juga temukan sampah limbah medis, yang ditemukan di salah satu spot pengumpulan sampah,” kata Yusak.

Dalam aksi ini, lanjut Yusak, melibatkan sebanyak 300 orang dari berbagai kalangan seperti komunitas pecinta alam, mahasiswa, kader konservasi, TNI, Polri, staf dinas kebudayaan dan pariwisata Maros, komunitas penangkar kupu-kupu, hingga masyarakat sekitar.(*)


BACA JUGA