KPUD Selayar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) sejak Rabu (6/3/2019) bertempat di Gedung PKK.
#

KPU Selayar Gelar Bimtek Bagi PPK Supaya Mahir Sistim Tungsura

Kamis, 07 Maret 2019 | 18:34 Wita - Editor: Irwan AR - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

SELAYAR, GOSULSEL.COM – Untuk lebih memantapkan penguasaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam melakukan penghitungan suara, KPUD Selayar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) sejak Rabu (6/3/2019) bertempat di Gedung PKK.

Menurut Andi Dewantara, Komisioner Divisi Tehnis KPU Selayar, bimtek ini merupakan tindak lanjut dari kajian dan pendalaman PKPU terksit Tungsura yang dilaksanakan sebelumnya. Bimtek ini diikuti 5 orang setiap PPK Kecamatan dari 11 kecamatan yang ada di daerah ini.

“Bimtek ini bertujuan agar semua PPK memiliki pemahaman yang sama terhadap tehnis pemungutan dan penghitungan suara. Kegiatan digelar didasarkan Peraturan KPU Nomor 3, 4 dan 5 tahun 2019,” terang Andi Dewantara, Kamis (7/3/2019).

Selain itu, lanjutnya, peserta juga diperlihatkan tata cara pengisian formulir yang ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS). PPK juga ditekankan harus teliti kepada setiap KPPS dalam pengisian formulir-formulir tersebut.

“KPPS juga harus teliti, cermat dan ekstra hati-hati dalam pengisian form-form tersebut. Apalagi di TPS nantinya akan banyak formulir yang akan diisi oleh KPPS,” pintanya.

Setelah bimtek, KPUD kemudian melanjutkan dengan mengadakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, Kamis (7/3/2019) di Lapangan Sepak Takraw Benteng Selayar. (*)