KPUD Selayar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) sejak Rabu (6/3/2019) bertempat di Gedung PKK.
#

KPU Selayar Gelar Bimtek Bagi PPK Supaya Mahir Sistim Tungsura

Kamis, 07 Maret 2019 | 18:34 Wita - Editor: Irwan AR - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

SELAYAR, GOSULSEL.COM – Untuk lebih memantapkan penguasaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dalam melakukan penghitungan suara, KPUD Selayar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) sejak Rabu (6/3/2019) bertempat di Gedung PKK.

Menurut Andi Dewantara, Komisioner Divisi Tehnis KPU Selayar, bimtek ini merupakan tindak lanjut dari kajian dan pendalaman PKPU terksit Tungsura yang dilaksanakan sebelumnya. Bimtek ini diikuti 5 orang setiap PPK Kecamatan dari 11 kecamatan yang ada di daerah ini.

pt-vale-indonesia

“Bimtek ini bertujuan agar semua PPK memiliki pemahaman yang sama terhadap tehnis pemungutan dan penghitungan suara. Kegiatan digelar didasarkan Peraturan KPU Nomor 3, 4 dan 5 tahun 2019,” terang Andi Dewantara, Kamis (7/3/2019).

Selain itu, lanjutnya, peserta juga diperlihatkan tata cara pengisian formulir yang ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS). PPK juga ditekankan harus teliti kepada setiap KPPS dalam pengisian formulir-formulir tersebut.

“KPPS juga harus teliti, cermat dan ekstra hati-hati dalam pengisian form-form tersebut. Apalagi di TPS nantinya akan banyak formulir yang akan diisi oleh KPPS,” pintanya.

Setelah bimtek, KPUD kemudian melanjutkan dengan mengadakan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, Kamis (7/3/2019) di Lapangan Sepak Takraw Benteng Selayar. (*)