#

Ratusan Nelayan Bantaeng Bakal Dapat Perlindungan Asuransi

Kamis, 07 Maret 2019 | 21:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BANTAENG, GOSULSEL.COM — Sebanyak 804 nelayan di tiga kecamatan di Kabupaten Bantaeng akan mendapatkan perlindungan asuransi dari Kementerian Kelautan. Progam ini mendapatkan pendampingan dari Pemkab Bantaeng melalui Dinas Perikanan yang mendata dan melakukan sosialisasi tentang manfaat asuransi.

Ketiga kecamatan yang akan menerima manfaat adalah mereka yang berada di kecamatan pesisir yakni Kecamatan Pa’jukukang sebanyak 438 orang, Kecamatan Bantaeng 163 orang dan Kecamatan Bissappu 203 orang. Keseluruhan berjumlah 804 nelayan.

“Asuransi ini adalah program dari Kementrian. Pemkab hanya sebagai pendamping dan akan mendata nelayan sekaligus menyosialisasikan program ini kepada penerima manfaat,” kata Kadis Perikanan Bantaeng, Dimiati Nongpa, Kamis (7/3/2019). 

Dia menjelaskan, nelayan yang akan memperoleh manfaat ini adalah mereka yang telah memegang kartu asuransi nelayan dari Jasindo. Jadi hanya nelayan yang telah terdata sebagai pemegang kartu ‘Kusuka’ yang dapat memperoleh asuransi.

Dia menyebutkan, premi asuransi nelayan akan dibayarkan Kementerian sebesar 200 ribu rupiah untuk satu tahun pertama. Sedangkan untuk tahun kedua, premi ini bermanfaat melindungi nelayan dari resiko kecelakaan/musibah selama beraktivitas sebagai nelayan.

“Bukan hanya itu, Asuransi Jiwa Jasindo ini juga melindungi para nelayan dari kematian dalam menjalankan aktifitas nelayan. Jadi tak hanya melindungi dari resiko kesehatan yang diakibatkan dari aktifitas nelayan, tapi juga kematian,” jelasnya.

Dia menambahkan, santunan yang diperoleh nelayan yang mengalami kecelakaan akibat melaksanakan aktivitas penangkapan ikan hingga mencapai Rp200 juta.(*)


BACA JUGA