DPRD Probolinggo berkunjung ke Kabupaten Gowa, Selasa (12/3/2019)

DPRD Probolinggo Sebut Gowa sebagai Kiblat Pengembangan Koperasi dan UKM

Selasa, 12 Maret 2019 | 20:48 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Sebanyak 31 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo Jawa Timur berkunjung ke Kabupaten Gowa, Selasa (12/3/2019). Dalam isi suratnya kunjungannya, mereka datang di Kabupaten Gowa untuk belajar pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif Usaha Kecil Menengah (UKM).

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Probolinggo, Surut mengatakan bahwa kunjungannya ke Kabupaten Gowa karena Ia menganggap bahwa kabupaten yang dikenal sebagai Gowa Bersejarah ini lebih maju di bidang koperasi.

pt-vale-indonesia

“Karena Gowa juga sudah lebih maju dibanding yang lainnya jadi sering sekali ke Makassar ini. Jadi komisi A, B dam C ini kita berpedoman ke Gowa yang sudah bagus pelaksanaannya,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gowa, M Yusuf yang hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan, bahwa untuk pengembangan koperasi mengacu pada visi misi Kabupaten Gowa yaitu terwujudnya masyarakat yang berkualitas, mandiri dan berdaya saing dengan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Dan ini akan diturunkan kepada setiap SKPD, misalnya Dinas Koperasi bagaimana mewujudkan pengurus koperasi yang berkualitas atau lembaga-lembaga UKM yang berkualitas untuk mencapai kemandirianya dengan tata kelola koperasi berdasarkan Undang-Undang Koperasi Nomor 25 tahun 1992 dan Undang-Undang UKM Nomor 20 tahum 2008,” papar Yusuf..

Yusuf juga menyebutkan bahwa dari 18 kecamatan di Kabupaten Gowa jumlah UKM yang tercatat sebanyak 7 ribu UKM dan 579 koperasi. Sementara untuk meningkatkan kualitas para pengurus koperasi dan UKM pihaknya sering mengadakan pembinaan dan pelatihan.

Halaman:

BACA JUGA