Talk show dengan tema "Membangun Usaha di Era Digital" yang digelar oleh Joker di salah satu kedai di Jalan Pengayoman, Makassar, pada Sabtu (16/3/2019)

Ajak Jadi Pengusaha, Jokowi Entrepreneur Galang Pemuda

Sabtu, 16 Maret 2019 | 19:01 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Komunitas Jokowi Entrepreneur terus menggalang pemuda atau generasi milenial yang ingin memulai usaha. Salah satu komunitas yang selama ini dikenal memenangkan pasangan calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 01, Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin terus melakukan edukasi kepada pemuda untuk berani memulai usaha.

Hal ini tercermin dari kegiatan talk show dengan tema “Membangun Usaha di Era Digital” yang digelar oleh Joker di salah satu kedai di Jalan Pengayoman, Makassar, pada Sabtu (16/3/2019).

pt-vale-indonesia

Dalam kegiatan itu, Koordinator Nasional Joker, Rulli mengatakan, saat ini tidak lagi sulit untuk memulai usaha. Menurut dia, di era Jokowi sudah ada kebijakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) tanpa harus ada jaminan.

“Sudah ada kredit usaha rakyat, pagunya kalau tidak salah sekitar Rp25 juta untuk satu orang tanpa jaminan sama sekali. Biasanya ada penjaminnya hanya orang-orang yang menjadi penghubung tadi,” kata Rulli.

Dijelaskan lebih jauh, untuk memulai usaha tidak mesti dengan model usaha dengan modal besar. Dia menceritakan, saat ini banyak pengusaha sukses yang sebenarnya memulai dari usaha kecil.

“Kita coba dulu mulai bagaimana memulai usaha dengan model yang sedikit. Saya sering memberikan saran, kalau Anda beruntung mungkin Anda bisa memulai usaha yang langsung besar. Tapi kalau enggak kita mulai dari yang kecil-kecil dulu. Banyak pengusaha-pengusaha lain memulai usaha dari yang kecil dulu, sampainya besar,” kata dia.

Dikatakan pula, Jokowi Entrepreneur yang juga adalah komunitas yang diinisiasi oleh politisi Golkar Mukhamad Misbakhun ini memang tidak terkoneksi secara langsung dengan Jokowi. Namun menurut dia, Jokowi banyak mendukung pelaku usaha di negeri ini.(*)