Pembentukan APSAI (Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia), di Ruang Pertemuan Pabrik Roti Jordan, Selasa (19/3/2019).

Bentuk APSAI, Pemkab Gowa Libatkan 37 Dunia Usaha

Selasa, 19 Maret 2019 | 15:40 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Gowa menggelar kegiatan Pembentukan APSAI (Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia), di Ruang Pertemuan Pabrik Roti Jordan, Selasa (19/3/2019).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kawaidah Aham menjelaskan bahwa pembentukan tersebut dalam rangka pemenuhan indikator Kabupaten Layak Anak (KLA), yakni memberi perhatian dan kerjasama dalam hal pemenuhan hak anak.

Kegiatan yang melibatkan 37 dunia usaha di Gowa ini akan menjadi wadah sinergi dan upaya percepatan perlindungan bagi anak khususnya memastikan peran serta sektor swasta di Indonesia.

“Sektor swasta memiliki peran strategis untuk menjadi mitra pemerintah bersama anggota masyarakat dan berbagai instansi berbasis komunitas lainnya. Inilah yang nantinya membentuk tiga pilar utama sebagai penggerak pembangunan berorientasi pada pemenuhan hak-hak anak,” ungkap Kawaidah Alham

Dijelaskan Kawaidah bahwa APSAI merupakan suatu lembaga yang dapat menentukan kriteria kelayakan sebuah perusahaan terhadap pemenuhan hak-hak anak dan mengukur kelayakan sebuah perusahaan yang layak bagi anak.

“Jadi perusahaan mana saja bisa bergabung, hanya saja perusahaan tersebut benar-benar peduli terhadap anak, tidak memperkerjakan anak dibawah umur 18 tahun, dan hal lainnya yang mendukung penenuhan hak anak itu sendiri,” jelas Kawaidah.

Ia juga menjelaskan tujuan pembentukan APSAI yakni memperhatikan kesejahteraan anak-anak Indonesia khususnya di Kabupaten Gowa. Serta APSAI ini akan mendampingi, membantu, serta memberikan penghargaan kepada perusahaan yang memiliki kebijakan, program maupun produk yang layak anak.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis sekaligus membuka pembentukan APSAI mengaku sangat mengapresiasi ini. Pasalnya saat ini Gowa sedang menargetkan meraih predikat Nindya yang salah satu indikatornya pembentukan APSAU tersebut.

” Tentunya sangat mengapresiasi pembentukan ini, karena ada yang membnatu kita dalam memenuhi hak anak apalagi kita sedang gencar-gencarnya menjadikan Gowa Kabupaten Layak Anak ditahun ini,” katanya.

Olehnya itu, ia berharap, dengan adanya APSAI ini mampu menjadi teman yang dapat membantu memikirkan bagaimana memastikan dan memenuhi juga memberi perlindungan serta hak anak.(*)