Salome Bima

Mirip Bakso Pentol, Tapi Ini Salome Bima, Rasanya Bikin Nagih

Kamis, 21 Maret 2019 | 21:05 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Nurfadillah Amir - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Salome merupakan makanan ringan khas Bima. Untuk menyicipinya, kamu tak perlu jauh-jauh harus menyeberangi lautan hingga ke Nusa Tenggara Barat, karena di dekat kampus UNM Parantambung terdapat penjual Salome yang rasanya enak.

Salome di kota Bima dikenal sebagai cemilan favorit yang berupa pentol tusuk, di daerah Jawa juga terdapat makanan sejenis yang disebut cilok maupun cireng. Karena kota Bima juga kaya akan hasil laut, maka biasanya penganan ini ditambahkan dengan daging ikan.

pt-vale-indonesia

Awalnya Salome hanya digemari oleh anak-anak, tetapi kini Salome sudah digemari oleh semua kalangan. Hal inilah yang membuat Salome menjadi penganan yang sangat seksi untuk dijual. Di samping cara membuatnya tidak terlalu rumit, bisnis Salome pun cukup menjajikan.

Bulatan-bulatan Salome

Bagi kamu yang suka sayuran, Salome juga enak dinikmati dengan tambahan sayur seperti kubis dan wortel.

Di kampus UNM Parantambung, makanan ringan ini di jual sepasang dengan berbagai minuman dingin sehingga menambah kenikmatin rasa Salome tersebut.

Mahasiswa Pascasarjana UNM, Sukirman yang jualan Salome mengatakan awalnya hanya iseng membuat Salome hingga akhirnya Ia berani untuk memasarkannya. Menurutnya, Salome memiliki rasa khas yang terdapat pada bumbu dan bentuk bulatan Salome itu sendiri.

Saos bumbu khas Salome

“Awalnya kan saya cuma iseng bikin itu, terus teman-teman saya bilang rasanya enak sekali. Jadi saya coba untuk jual,” kata Sukirman kepada Gosulsel.com, Kamis (21/3/2019).

Sampai saat ini, pria yang akrab disapa Uki ini mulai mengajari beberapa orang tentang proses pembuatan Salome dan saos khas kuliner Bima tersebut.(*)


BACA JUGA