Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kota Makassar, Harun Rani

Dinas Koperasi Imbau Pengusaha Pemula Perhatikan Soal Branding Produk

Jumat, 22 Maret 2019 | 21:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kota Makassar, Harun Rani mengimbau kepada para pengusaha pemula untuk memperhatikan berbagai faktor yang dapat menggaet konsumen. Salah satunya faktor branding. 

Harun mengatakan, branding merupakan salah satu faktor yang memperkuat suatu produk yang didagangkan oleh seorang pengusaha. 

“Bagaimana mereka pengusaha ini bisa membranding produk yang mereka jual ke konsumen. Dengan branding tersebut, pastilah orang akan mengenal suatu produk,” jelas Harun Rani saat ditemui dalam kegiatan Fasilitasi Pemasaran Produk UMKM dengan pelaku bisnis angkatan I di Travelers Hotel Makassar, Jumat (22/3/2019).

Dia mencontohkan, beberapa produk branding yang berhasil di Makassar seperti Pallubasa di Jalan Serigala dan Sop Ubi di Jalan Datu Museng. Kata Harun, kedua kuliner, yang ia sebutkan, sudah tertanam di dalam otak masyarakat terkait lokasi yang paling laris dan paling enak untuk dikonsumsi. 

Hal lain, lanjut dia, bagaimana para pengusaha mempromosikan produk mereka. Hal ini membutuhkan strategi dan ilmu dalam memetakan saingan-saingan dari produk yang ia pasarkan. 

“Harus dianalisis apakah produk yang saya jual ini banyak saingannya, bagaimana cara mengatasi saingan ini. Tanpa strategi, tanpa ilmu, maka pengusaha tidak bisa fight,” ucapnya.(*)