Simulasi pemungutan suara oleh Bawaslu Gowa, Rabu (27/3/2019)

Bawaslu Gowa Nilai Simulasi Pemungutan Suara Jadi Tolak Ukur Kesiapan 

Rabu, 27 Maret 2019 | 23:15 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi suara pemilu serentak 2019 di pelataran Balla Lompoa, Sugguminasa, Rabu (27/3).

Simulasi tersebut untuk mempraktekkan tata cara pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selain itu, juga dipraktekkan cara menangani masalah saat proses pemungutan dan penghitungan.

Terkait hal tersebut, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Gowa yang ikut menghadiri kegiatan simulasi tersebut, mengaku mengapresiasi sekaligus memberikan catatan dalam kegiatan tersebut.

Komisioner Bawaslu Gowa, Juanto menyebut simulasi yang digelar untuk memberikan pengetahuan secara aplikatif bagi pelaksana hingga level TPS bukan hanya perangkat KPU, tapi juga instutusi yang terkait lainnya, terutama Bawaslu.



“Tujuan pelaksanaan simulasi, agar penyelengara dan semua pihak terkait, memahami proses dan kebutuhan di TPS, mulai dari distribusi C6 hingga pemungutan dan rekapitulasi suara nantinya. Termasuk potensi masalah yang bisa muncul dan penyelesaiannya saat di TPS pada hari pelaksanaan,” jelas Juanto.

Bawaslu Gowa, lanjut dia, akan memastikan kinerja pencegahan, pengawasan dan penindakan pelanggaran dari Bawaslu Gowa hingga Pengawas TPS demi menyukseskan pemilu yang digelar pada 17 April mendatang.

Komisioner Bawaslu Gowa lainnya, Suharli, menyampikan proses simulasi menjadi salah satu tolak ukur kesiapan, dan tentu bertujuan untuk memberikan rekomendasi perbaikan terhadap proses dan prosedur jika dianggap belum maksimal.

“Simulasi ini menjadi tolak ukur bagi penyelenggara, kita lihat kesiapan teman-teman, dari segi Bawaslu sendiri akan memastikan bagaimana PTPS siap bekerja pada tanggal 17 April nanti, dalam kapasitas melakukan pengawasan di TPS yang menjadi tugas mereka,” tandasnya.

Acara Simulasi KPU Kabupaten Gowa tersebut selain dihadiri Juanto dan Suharli, juga terlihat Yusnaeni dan Saparuddin dari Bawaslu Gowa, Kapolres Gowa, Akbp Sinto Silitonga, LO belasan partai politik, Kepala Kesbangpol Gowa dan penggiat Pemilu.(*)


BACA JUGA