ojk goes to campus

OJK Edukasi Milenial Pahami Produk Jasa Keuangan

Kamis, 28 Maret 2019 | 21:11 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional VI menggelar kegiatan Goes To Campus dan Edu Expo di Balai Sidang Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Kamis (28/3/2019).

Kepala OJK Regional 6 Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua), Zulmi mengungkapkan berdasarkan hasil survei OJK pada tahun 2016, tingkat literasi keuangan di Sulawesi Selatan sebesar 28,36% dengan tingkat inklusi keuangan sebesar 68%.

pt-vale-indonesia

Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat di Sulawesi Selatan yang menggunakan produk jasa keuangan tanpa mengetahui secara detil produk lembaga jasa keuangan tersebut.

“Untuk itu, kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk mengedukasi masyarakat agar bisa mengetahui dan memahami produk-produk jasa keuangan, memahami hak dan kewajibannya sebagai nasabah, dan memaksimalkan penggunaan produk jasa keuangan sesuai dengan kebutuhannya,” jelas Zulmi dalam sambutannya.

Sebagai regulator industri jasa keuangan, kata Zulmi, upaya ini dilakukan ke seluruh lapisan masyarakat, termasuk kepada para pemuda kaum millennial. Data BPS menunjukkan bahwa jumlah penduduk Sulawesi Selatan mencapai 8,69 juta jiwa. Sekitar 2,23 juta jiwa atau 25,67 persen diantaranya adalah penduduk usia 16-30 tahun (pemuda). Dengan kata lain 1 dari 4 penduduk Sulawesi Selatan terdiri dari pemuda.

“Jumlah ini dapat dikatakan cukup besar dan dapat mempengaruhi kemajuan daerah. Apalagi jika didukung dengan kualitas yang baik. Ini merupakan bonus demografi yang harus kita manfaatkan dengan harapan para pemuda menjadi corong untuk mendorong terwujudnya masyarakat yang well literate dan financially inclusive,” tambahnya.

Menurutnya, mahasiswa sebagai generasi muda penerus, harus memiliki pengetahuan keuangan yang memadai sehingga mampu mengelola keuangan pribadinya dan memanfaatkan produk jasa keuangan yang sesuai kebutuhannya.

“Saat ini telah banyak produk jasa keuangan yang dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa, kaum millennials. Ada produk SiMuda (Simpanan Pemuda dan Mahasiswa) yang dapat menjadi opsi bagi para pemuda. Ada SiMuda Investasiku yang merupakan tabungan rencana dengan fitur investasi reksadana, ada SiMuda Emasku yang merupakan produk pembiayaan untuk kepemilikan emas, dan SiMuda Rumahku yang merupakan tabungan rencana untuk mengangsur uang mua KPR. Dan masih banyak lagi produk jasa keuangan lainnya,” jelasnya.

Kegiatan OJK Goes to Campus pada hari ini merupakan bentuk kegiatan edukasi keuangan yang dikombinasikan dengan Edu Expo, dimana mahasiswa dapat pulamengunjungi booth-booth industri jasa keuangan untuk menggali informasi dan mengakses produk jasa keuangan yang disediakan.

“Untuk itu, kami mengajak seluruh mahasiswa untuk memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini untuk menimba ilmu khususnya mengenai pengetahuan keuangan dan memanfaatkan produk keuangan yang ada,” tegasnya. (*)