Rapat LKPJ Gowa, Kamis (28/3/2019)

Rapat Bahas LKPJ Bupati, Ketua Pansus DPRD Gowa Minta Kepala SKPD Tak Diwakili

Kamis, 28 Maret 2019 | 13:53 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa menggelar rapat pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Gowa tahun 2018, Kamis (28/3/2019).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pansus DPRD Kabupaten Gowa, H. Muhammadong Daeng Rate dan dihadiri oleh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Kabupaten Gowa. Hanya saja beberapa kepala SKPD tidak sempat datang.

Olehnya itu, legislator asal daerah pemilihan (Dapil) IV Kabupaten Gowa yaitu, Tompobulu, Biringbulu, Bontolempangang dan Bungaya ini meminta seluruh Kepala SKPD untuk hadir langsung.

“Tadi ada empat kepala SKPD yang tidak sempat datang dan mereka diwakili tapi saya suruh pulang perwakilannya. Karena saya menganggap bahwa begitu pentingnya ini LKPJ sehingga tidak boleh diwakilkan,” tegasnya.



Ia juga menjelaskan bahwa pembahasan tetap berlanjut dan baru memasuki sesi pertama. “Belum selesai ini baru sesi pertama. Sampai besok kita pembahasan, dua hari pembahasan,” ujarnya.

Diketahui LKPJ tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL pada rapat Paripurna DPRD Kabupaten Gowa pada Selasa lalu (26/3/2019).

Bupati Adnan dalam sambutannya saat itu mengatakan bahwa laporan pertanggungjawaban tersebut merupakan amanat dari Undang-undang RI yang mewajibkan kepala daerah melaporkan pertanggungjawabannya dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Dari amanat Undang-undang RI Nomor 23  Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah Pasal 69 ayat 1, bahwa Kepala Daerah diwajibkan menyampaiakan laporan keterangan pertanggungjawaban dan ringkasan laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagaimana diatur dalam peraturan daerah nomor 3 tahun 2017 yang dilaporkan kepala daerah kepada DPRD satu kali dalam satu tahun paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir,” jelas Adnan.

Selain itu, Adnan juga menyebutkan pencapaian selama tahun 2018 lalu. Diantaranya tingkat kepuasan masyarakat terhadap kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni mengalami peningkatan hingga 83,3 persen jika dibandingkan pada Februari di tahun yang sama sekitar 81,8 persen.(*)


BACA JUGA