Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa menggelar tes kesehatan Calon Jemaah Haji, Selasa (2/4/2019)

Deteksi Dini Kondisi Kesehatan CJH, Dinkes Gowa Lakukan Tes Kebugaran Jasmani

Selasa, 02 April 2019 | 11:10 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gowa menggelar kegiatan Pengukuran Kebugaran Jasmani Bagi Calon Jamaah Haji (CJH) di Taman Sultan Hasanuddin, Jalan Tumanurung, Selasa (2/4/2019).

Tes yang diikuti sebanyak 609 CJH tersebut dibuka langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, H. Muchlis. Dalam kesempatan tersebut Muchlis mengatakan, berhaji adalah salah satu ibadah yang memang memerlukan kondisi badan dan stamina yang fit.

 Olehnya itu H. Muchlis menjelaskan bahwa dengan adanya tes kebugaran tersebut akan mewujudkan rombongan CJH di Gowa yang sehat saat melaksanakan ibadahnya.

“Saat kita berhaji kondisi kekebalan tubuh yang memang harus diperhatikan karena disana ada tawaf, saih hingga melontar jumrah,” ujar H. Muchlis.

Lanjutnya, dengan adanya tes tersebut maka dapat dipetakan apa yang perlu diwaspadai kepada CJH yang memiliki resiko terkait kondisi kesehatannya. Tes ini juga bentuk deteksi langsung kepada CJH, sehingga bisa langsung mendapatkan penanganan dan pengawalan secara intensif.

Ia pun mengimbau kepada seluruh CJH yang dideteksi memiliki resiko tinggi untuk tidak memaksakan rangkaian ibadah yang sifatnya sunnah saat melaksanakan ibadah haji. Cukup mengoptimalkan kondisi kesehatan untuk melaksanakan ibadah haji yang bersifat wajib. 

Halaman:

BACA JUGA