Wakil Bunda PAUD Kabupaten Gowa, Hj. Mussadiyah Rauf

Hadiri Sosialisasi dan Harmonisasi Bunda PAUD 2019, Ini Harapan Wakil Ketua TP PKK Gowa

Selasa, 02 April 2019 | 13:51 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

JAKARTA, GOSULSEL.COM – Mewakili Bunda PAUD Kabupaten Gowa, Priska Paramitha Adnan, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Hj. Mussadiyah Rauf menghadiri Sosialisasi dan Harmonisasi Bunda PAUD 2019 di The Sultan Hotel dan Resort Jakarta, Senin-Selasa (1-2/4/2019).

Hj Mussadiyah Rauf mengatakan kegiatan tersebut digelar untuk meningkatkan pemahaman peran Bunda PAUD sebagai penggerak utama dalam pembinaan layanan PAUD di daerahnya masing-masing khususnya di Kabupaten Gowa nantinya.

“Sosialisasi ini sangat berguna untuk meningkatkan pemahaman Bunda PAUD terkait kerangka kebijakan global dan nasional di bidang PAUD serta meningkatkan pemahaman peran Bunda PAUD sebagai penggerak utama dalam pembinaan layanan PAUD di daerahnya masing-masing khususnya di Kabupaten Gowa nantinya,” ujarnya.

Isteri dari Wakil Bupati Gowa, H. Abdul Rauf Malaganni ini berharap agar sosialisasi tersebut dapat menciptakan sinergitas peran Bunda PAUD Provinsi dan Bunda PAUD Kabupaten/Kota dalam pembinaan layanan PAUD dan mewujudkan kesamaan persepsi dalam pemantapan peran Bunda PAUD.

“Kami harap Bunda PAUD di seluruh Indonesia khususnya di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota memiliki kesamaan persepsi sehingga dapat saling bersinergi dengan pemerintah pusat dalam pembinaan dan peningkatan layanan PAUD,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, Harris Iskandar saat membuka sosialisasi tersebut menjelaskan peran strategis Bunda PAUD antara lain mendorong partisipasi dan peran serta masyarakat dalam mendukung pembinaan penyelenggaraan dan pengembangan layanan PAUD berkualitas (sosialisasi, pertemuan tentang penyelenggaraan PAUD).

“Bunda PAUD harus dapat memotivasi pengelola, penyelenggara, pembina, serta pendidik dan tenaga kependidikan dalam penyelenggaraan layanan PAUD berkualitas. Menggali berbagai sumber daya dana untuk mendukung penyelenggaraan program PAUD berkualitas di wilayahnya melalui sumber dana, memberikan saran, masukan dan rekomendasi kepada pemerintah pusat dan atau daerah untuk mendukung pembinaan dan pembiayaan pelaksanaan layanan PAUD berkualitas. Mendorong peningkatan jumlah dan mutu pendidik dan tenaga kependidikan PAUD (kualifikasi, kompetensi, kesejahteraan, dan perlindungan),” jelas Harris.

Sosialisasi yang berlangsung selama dua hari ini sejak tanggal 1 hingga 2 April 2019 mengangkat tema “Sosialisasi dan Harmonisasi Bunda PAUD Tahun 2019 adalah Memantapkan Peran Bunda PAUD dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Indonesia Sejak Usia Dini.”

Selain itu, kegiatan tersebut juga diisi dengan kegiatan sarasehan dengan sejumlah pembicara antara lain Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Efendi, Ketua Bidang 1 OASE, Dr Ratna Megawangi, Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Kemendagri Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas Kemendikbud RI, Harris Iskandar, Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kemendes PDT Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud.

kegiatan tersebut juga turut dihadiri Ibu Wakil Presiden RI, Hj Mufidah Jusuf Kalla, Mendikbud RI, Muhajir Effendi dan Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan selaku Bunda PAUD Provinsi Sulawesi Selatan, Hj Liestiaty F. Nurdin diluncurkan Program Pendidikan Kebencanaan oleh Ibu Wakil Presiden RI dan berdialog dengan 1.262 Bunda PAUD Nasional dan Bunda PAUD Daerah.(*)


BACA JUGA