UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan festival dan anugerah literasi 2019 di Auditorium UIN pada tanggal 2-3 Mei 2019

45 Penulis Bakal Dapat Penghargaan di Festival Literasi UIN Alauddin Makassar

Kamis, 02 Mei 2019 | 10:25 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dalam rangka memperingati hari pendidikan nasional, UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan festival dan anugerah literasi 2019 di Auditorium UIN pada tanggal 2-3 Mei 2019.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof Aisyah Kara merancang kegiatan ini akan dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Hal ini bertujuan menggairahkan kembali tradisi literasi di kalangan mahasiswa UIN Alauddin Makassar.

Nur Utaminingsih selaku panitia pelaksana kegiatan ini mengatakan, kegiatan festival dan anugerah literasi ini akan memberi anugerah kepada 45 orang penulis yang mendaftarkan karyanya yang telah diterbitkan. Baik berupa buku, jurnal ilmiah atau tulisan lain di media (cetak maupun online).

“Anugrah ini diberikan setelah menyeleksi lebih dari 150 karya mahasiswa dan berdasarkan sejumlah kriteria seperti artikel ditulis pada media yang bisa dipertanggungjawabkan, ada bukti karya, dan sejumlah syarat lain,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini juga akan dilaksanakan pemilihan duta literasi UIN Alauddin Makassar. Duta yang terpilih akan bertugas selama setahun untuk terus mengkampanyekan ke publik semangat literasi di kampus peradaban.

“Para penerima anugrah akan diberi sertifikat, uang pembinaan dan hadiah lainnya,” terangnya.

Selain itu, kegiatan ini juga terdapat acara-acara yang menarik, diantaranya, temu penulis, bincang literasi dan orasi kebudayaan bertema “Literasi dan Disrupsi” yang akan dibawakan oleh budayawan Alwi Rahman. Juga ada sesi-sesi pemutaran video kreatif, pembacaan puisi, musik dan hiburan lainnya.(*)