Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Rumah Jabatan Gubernur, Kamis (2/5/2019)

Gubernur Mutasi 70 Kepala Sekolah, None: Saya Tidak Tahu

Kamis, 02 Mei 2019 | 16:36 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Diam-diam Gubernur Sulawesi Selatan, HM Nurdin Abdullah melakukan mutasi kepala sekolah SMA dan SMK negeri. Sekitar 70 orang dimutasi berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang diteken langsung Nurdin Abdullah sebelum berangkat umrah 27 April lalu.

Hanya saja, perubahan susunan jabatan fungsional di lingkup Dinas Pendidikan Sulsel ini dilakukan tanpa sepengetahuan Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo. 

“Itu sudah ada SK-nya. Saya tidak tahu, itu BKD punya urusan. Kami tidak pernah lihat SK-nya, tidak pernah juga (konsultasi),” kata Irman usai upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Rumah Jabatan Gubernur, Kamis (2/5/2019). 

None panggilan akrab Irman YL menyebutkan pihaknya hingga saat ini belum menerima tembusan salinan SK mutasi kepala sekolah tersebut. Demikian pun, cabang dinas pendidikan yang ada di kabupaten/kota.

“Katanya ada, tidak pernah juga ada di cabang dinas. Jadi BKD langsung ke yang bersangkutan, itupun saya dengar hanya petikan yang ditandatangani kepala BKD,” sebutnya.

Sementara itu, Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyatakan mutasi kepala sekolah tersebut ditandatangani langsung oleh Gubernur. Prosesnya dilakukan sebelum mutasi pejabat eselon III dan IV yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Itu Pak Gubernur yang tandatangani,” singkat Sudirman.(*)