Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan

Bupati Gowa Minta Perkimtan Tak Terbitkan Izin Bagi Perumahan yang Tidak Memiliki TPS

Jumat, 03 Mei 2019 | 23:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan meminta Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Gowa untuk tidak menerbitkan izin bagi perumahan yang tidak memiliki tempat pembuangan sampah sementara (TPS).

Hal tersebut disampaikan Bupati Adnan saat menghadiri syukuran dan silaturahmi Kepala Dinas Perkimtan, Abdullah Sirajuddin di halaman Kantor Perkimtan Kabupaten Gowa, Kompleks Rumah Jabatan Bupati Gowa, Jumat (3/5/2019).

pt-vale-indonesia

“Saya juga berharap ke depan bahwa meskipun semuanya Perda sudah diselesaikan yaitu harus NPWP tempat yang berada di Kabupaten Gowa, saya berharap perumahan-perumahan yang ada di Kabupaten Gowa ini, ini PRnya Perkimtan ini, semua perumahan-perumahan yang ada di Kabupaten Gowa wjaib memiliki tempat pembuangan  sampah sementara, kalau tidak ada jangan dikasih izin,” ujar Adnan.

Orang nomor satu di Gowa menilai bahwa perumahan yang kotor akan menjadi sorotan bagi pemerintah Kabupaten Gowa. “Karena kalau Anda kasi izin tanpa adanya TPS yang disoroti itu bukan mereka yang disoroti, tapi kita yang disoroti,” lanjutanya.

Sementara itu, untuk perumahan yang sudah terlanjur keluar izinnya, Adnan meminta kepada Kepala Dinas Perkimtan agar menyampaikan kepada semua perumahan-perumahan yang ada di Kabupaten Gowa agar menyediakan tempat sampah sementara.

“Ini PR bagi Perkimtan. Saya sudah sampaikan ke Kepala Dinas untuk menyampaikan itu agar semuanya menyediakan tempat sampah sementara. Apalagi perumahan-perumahan yang baru mau bikin izin atau baru mau di proses izinnya kalau perlu jangan dikeluarkan izinnya kalau tidak ada tempat pembuangan sampah sementaranya,” tegas Adnan.

“Karena dari situlah dikumpul semua sampah yang ada di perumahan baru Dinas Lingkungan Hidup yang melakukan pengangkutan sampah-sampah itu kemudian dibawa ke TPA,” sambungnya.

Di akhir arahannya, Bupati termuda di Kawasan Timur Indonesia ini berharap dengan adanya kepala dinas yang baru Perkimtan ke depan semakin baik lagi. 

“Kita berharap dengan hadirnya nahkoda baru dan pemimpin di dinas Perkimtan ini. Saya berharap kinerja dari Dinas Perkimtan ini akan jauh lebih baik di masa yang akan datang. Saya juga berharap dengan hadirnya kepala dinas yang baru seluruh jajaran yang ada di Perkimtan ini bisa bekerjasama dengan baik. Karena kesuksesan itu bukan terletak siapa pemimpinnya, tapi kesuksesan itu kalau sistemnya berjalan dengan baik dan semuanya bisa bekerja sama dan menjaga kekompakan yang ada,” tambahnya.

Sementara itu, Abdullah Sirajuddin dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih atas kepercayaan yang diamanahkan kepadanya. “Terima kasih banyak kepada Bapak Bupati, Bapak Wakil Bupati Gowa serta Bapak Sekda atas kepercayaan dan bimbingannya selama ini,” ucap Bang Doel sapaan akrab Abdullah Sirajuddin.(*)


BACA JUGA