Bootcamp Saoraja Hub Competition, di hotel Melia, Makassar, Minggu (5/5/2019)

Lolos ke Babak Final, Tim Startup Terbaik Bakal Jalani Inkubasi Enam Bulan

Minggu, 05 Mei 2019 | 22:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Setelah melalui kegiatan bootcamp 2-4 Mei 2019 kemarin. Kalla Group akhirnya mengumumkan tiga tim startup terbaik yang akan memasuki babak final. Keputusan tersebut diumumkan pada hari terakhir bootcamp Saoraja Hub Competition di hotel Melia, Makassar, Minggu (5/5/2019).

Ketiga tim yang berhasil lolos ke babak final, yaitu Mall Sampah, Digides dan Perawat.id, ketiga tim tersebut dinilai memenuhi kriteria terbaik oleh para panelis. Disa R. Novianty selaku Corporate Strategic and Development Director Kalla Group, Yasha Chatab selaku Director of Overseas Development WIR Group dan Andreas Sanjaya selaku CEO iGrow hadir sebagai panelis pada final demo di babak semifinal.

Mall Sampah menawarkan platform yang dapat mempertemukan penjual dan pembeli sampah dengan beragam model dan layanan, seperti Jual Sampah, Buang Sampah, hingga layanan Zero Waste (gerakan mendaur ulang sampah untuk komunitas, instansi atau individu).

Sedangkan Digides menawarkan platform bagi desa untuk dapat melayani masyarakat dengan lebih cepat, lebih baik, lebih aman, dan berbasis cloud. Terakhir, Perawat.id yang menawarkan platform untuk mengakses layanan perawat di Indonesia, dengan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan jasa perawatan sehari-hari di rumah.

Selanjutnya, kelompok terbaik tersebut akan mengikuti proses inkubasi di bulan Juli 2019 mendatang. Selama 6 (enam) bulan masa inkubasi, tiap kelompok akan mendapatkan mentor tetap yang berasal dari Kalla Group dan mentor eksternal yang merupakan expertise di bidang masing-masing.

Disa R. Novianty selaku Corporate Strategic and Development Director Kalla Group menjelaskan bahwa di babak final nanti tantangannya lebih berat dan bahkan diharapkan bisnis startup masing-masing tim sudah lebih matang.

“Kami menginginkan Saoraja Hub menjadi wadah untuk meningkatkan kapabilitas start up, mendorong kemandirian, dan memunculkan sosok inspiratif yang dapat memberikan pengaruh besar bagi generasi muda lainnya khususnya di Indonesia Timur,” jelasnya.

Selama 3 hari gelaran Bootcamp Saoraja Hub Competition digelar, lima tim peserta diberikan banyak tambahan ilmu melalui kehadiran beragam mentors untuk sharing bersama para peserta. Materi- materi yang diajarkan antara lain; Product and Business Integration (Release Strategy), Pitching 101, Finance and Budget Allocation, Growth Hacking Marketing Strategy, Investment & Fundrising, Product Value & Branding, dan Setup the Right Moment.

Andreas Senjaya selaku co-founders sekaligus CEO iGrow yang turut hadir memberikan materi mengenai Setup the Right Moment juga memberikan sedikit pesan kepada peserta.

“Bootcamp Saoraja Hub adalah event yang sangat baik untuk memperkuat ekosistem startup di Makassar dan wilayah Indonesia bagian Timur. Para pesertanya antusias dan kualitas startup yang dimiliki sangat baik. Semoga dengan adanya event ini, bisa menjadi batu pancang bagi ekosistem startup di Wilayah Indonesia Timur,” ujarnya.

Hadir pula beberapa CEO dan Founders dari berbagai startup lainnya yang sudah merasakan pahit dan manisnya dunia bisnis tersebut. Beberapa Startup yang hadir antar lain; Sayurbox, Syarihub, dan Gandengtangan.org. Turut hadir Mandiri Capital Indonesia yang berpengalaman di bidang investasi bisnis startup digital serta Visio Incubator yang juga sebuah incubator startup. WIR Group yang juga menjadi partner Kalla Group dalam menggelar Saoraja Hub, turut sharing kepada para peserta.(*)


BACA JUGA