Sharing Tugas Kesekretariatan, Sekretariat DPRD Bangli Bali Berkunjung ke DPRD Gowa

Selasa, 07 Mei 2019 | 11:00 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Sejumlah anggota Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Kabupaten Bangli Provinsi Bali melakukan kunjungan kerja ke Sekretariat DPRD Kabupaten Gowa, Selasa (7/5/2019).

Rombongan diterima langsung oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Gowa, Yusuf Sampera didampingi oleh Kabag Umum Muhammad Firdaus, Kabag Perundang-undangan Muh. Arifin, Kasubag Protokol Natsir Arif dan Kasubag Perencanaan Setwan Gowa Irnawati Rasyid.

Sementara itu, Rombongan Sekretariat DPRD Kabupaten Bangli dipimpin langsung oleh Sekretaris Dewan, Agung Panji mengatakan bahwa kunjungannya ke DPRD Kabupaten Gowa untuk sharing dan study komparatif terkait pelayanan dan sinergitas antara Sekretariat DPRD dan DPRD yg dilayani.

“Saling koordinasi dan saling komunikasi terkait pelaksanaan tugas-tugas kesekretariatan. Karena pada prinsipnya kan tupoksi kami itu sama antara Sekertariat DPRD Kabupaten Bangli dan Sekretariat DPRD Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Lanjutnya, dari hasil kunjungannya, Agung Panji mengungkapkan pada dasarnya apa yang dilakukan Sekretariat DPRD Kabupaten Gowa dengan Sekretariat DPRD Kabupaten Bangli hampir sama. Hanya saja menurutnya ada beberap sedikit perbedaan kerena perbedaan kondisi.

“Pada dasarnya kami rasa hampir sama permasalahan-permasalahan itu, cuma kalaupun seandainya ada sedikit itu masih bisa ditolerir. Artinya segala sesuatu itu harus disesuaikan dengan kondisi setempat. Ada hal-hal yang memang harus di sesuaikan dengan kondisi yang ada di tempat itu,” lanjutnya.

Salah satu yang menjadi pembahasan dalam pertemuan tersebut adalah pengangkatan staf ahli DPR. Sekretaris DPRD Kabupaten Gowa, Yusuf Sampera menjelaskan bahwa untuk DPRD Kabupaten Gowa setiap fraksi memiliki satu staf ahli yang dipilih melalui proses seleksi.

“Staf ahli fraksi, kami meminta dari fraksi siap yaag akan ditunjuk dan kami minta 3 orang setiap fraksi dan kami akan seleksi nanti ada penetapan dari tiga itu baru di SK kan oleh sekwan,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Agung Panji. Menurutnya DPRD Kabupaten Bangli setiap fraksi juga memiliki satu staf ahli. Hanya saja cara pemilihannya yang berbeda. “Kami juga mempunyai fraksi lima dan setiap frakalsi itu masing-masing memiliki 1 staf ahli,” jelasnya.

Olehnya itu, Agung Panji berharap dari hasil kunjungan tersebut pihaknya dapat memperoleh masukan yang dapat diterapkan di Kabupaten Bangli dan begitupun sebaliknya. Dari hasil pembahasan ia berharap, apa yang positif bisa juga diterapkan di DPRD Kabupaten Gowa.

“Ada banyak hal yang kami terima, kami banyak berterima kasih. Mungkin ada hal-hal yang positif yang ada di Gowa yang mungkin bisa kami implementasikan di Bangli. Demikian pula mungkin ada hal-hal yang kami ada di Bangli yang positif yang bisa juga diimplementasikan di Gowa gitu,” harapnya.(*)