Pimpinan DPRD Kabupaten Ngawi Jawa Timur melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Gowa, Kamis (9/5/2019)

Pimpinan DPRD Ngawi Jawa Timur Studi Banding ke DPRD Gowa

Kamis, 09 Mei 2019 | 15:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ngawi Jawa Timur melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Gowa, Kamis (9/5/2019).

Tidak jauh beda dengan DPRD Kabupaten Buton Selatan, kunjungan kerja DPRD Kabupaten Ngawi ke DPRD Kabupaten Gowa juga dalam rangka studi banding terkait perda inisiatif DPRD Kabupaten Gowa.

“Kunker ini bertujuan melakukan study banding terkait hal yang sama yaitu proses dan mekanisme pembahasan  Perda Inisiatif,” ujar Ketua DPRD Kabupaten Ngawi, Dwi Riyanto yang memimpin langsung rombongan.

Dwi Riyanto juga menyebutkan bahwa secara geografis wilayah Kabupaten Ngawi merupakan salah satu perbatasan yang berada di daerah perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Sementara, Kepala Bagian (Kabag) Umum Sekretariat DPRD Kabupaten Gowa, H. Muh. Firdaus yang menerima langsung rombongan menjelaskan bahwa DPRD Kabupaten Gowa memiliki beberapa Perda yang memang merupakan hasil inisiatif anggota dewan.

Diantaranya perda yang sudah disahkan yaitu, Perda Tentang Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan dan Ranperda Tentang Perlindungan Lahan Pertanian dan Pangan.

Lanjutnya, masih ada beberapa Perda yang saat ini masih dalam tahap pembahasan. H. Muh. Firdaus juga menambahkan, selain perda inisiatif tersebut Kabupaten Gowa juga memiliki Perda Andalan.

“Sementara itu, terkait perda-perda andalan yang telah ditetapkan di Kabupaten Gowa diantara Perda Pendidikan Gratis, Perda Kesehatan Gratis dan beberapa perda lainnya,” tambahnya.

Pertemuan yang berlangsung di ruang rapat Pimpinan DPRD Kabupaten Gowa tersebut turut dihadiri oleh Kabag Perundang-undangan, H. M Arifin dan Kabag Keuangan Sekretariat DPRD Kabupaten Gowa, Andi Muh Rivai.(*)


BACA JUGA