#

Enam Caleg yang Lolos dari Dapil 2 DPRD Gowa, Empat Diantaranya Petahana

Jumat, 10 Mei 2019 | 13:58 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Persaingan perolehan suara antar parpol untuk daerah pemilihan (dapil) 2 DPRD Gowa di Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 cukup alot. Tak ada parpol yang merebut lebih dari satu kursi.

Enam jatah kursi dari dapil 2 terbagi rata ke enam parpol, yaitu Demokrat, Gerindra, PPP, NasDem, PKB dan Perindo. Masing-masing parpol ini hanya mampu meraih satu kursi.

Berdasarkan hasil rekapitulasi C1 yang dihimpun, Partai Demokrat berjaya dengan perolehan suara tertinggi. Disusul Partai Gerindra, PPP, NasDem, PKB dan Perindo. Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini sekaligus merebut jatah kursi pertama, melalui calegnya, Hj Mussadiyah Rahim.

Disusul kursi kedua oleh caleg Gerindra, Abd Haris Sila. Selanjutnya kursi ketiga direbut caleg PPP, Sri Sidarwaty. Kemudian kursi keempat oleh caleg NasDem, Amir Ali. Dan kursi kelima direbut caleg PKB, Nurliah. Partai Perindo sendiri mengunci kursi keenam atau terakhir melalui calegnya Hj Irmawati Haeruddin.



Dengan demikian, ada empat caleg petahana yang bertarung di dapil 2 meliputi Bontomarannu, Pattallassang, Parangloe, Manuju tetap mempertahankan kursi parlemen. Selain Hj Mussadiyah Rahim dan Hj Irmawati Haeruddin, dua incumbent lainnya adalah Abd Haris Sila (Gerindra) serta Amir Ali (NasDem). 

Pengurus DPD NasDem Gowa, Kurnia Taufiq mengakui persaingan antar parpol di dapil 2 memang cukup seru. Sejak awal, ia memang prediksi tak ada parpol yang akan merebut dua kursi. 

“Suara pemilih terpopularisasi oleh banyaknya caleg,” kata Kurnia di kediamannya, Kamis (9/5/2019).

Termasuk NasDem, Kurnia memang memperkirakan hanya akan meraih satu kursi. Untuk itu, sebagai pengurus partai besutan Surya Paloh itu, hasil satu kursi yang diraih di dapil 2 dianggap sudah memuaskan. “Kita ucapkan selamat pada saudara Amir Ali yang berhasil mempertahankan satu kursi NasDem di DPRD Gowa dari dapil 2,” ucapnya.

Dari hasil perhitungan suara internal, total suara partai NasDem di dapil 2 sebanyak 6.045 suara. Amir Ali mengantongi suara terbanyak dari semua caleg NasDem yang bertarung di dapil 2 dengan total 2399 suara. Disusul Muh Saleh Saud dengan 1.626 suara. Kemudian Kurnia Taufiq 906 suara. M Yani Peter 535 suara dan Muliati Jaya 136 suara.(*)