Manajemen Telkomsel Area Pamasuka Menggelar press confrence Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) 2019 di Baruga Telkomsel Makassar, Jumat (10/5/2019)

Ramadan dan Idul Fitri 1440 H, Telkomsel Pamasuka Siapkan Jaringan dan Layanan Terlengkap

Jumat, 10 Mei 2019 | 22:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Fotografer: Erik Didu - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dalam upaya memberikan kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan pada periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) tahun ini, secara nasional  Telkomsel telah meningkatkan seluruh elemen jaringan di titik-titik strategis jalur mudik dan pusat-pusat keramaian publik. Secara khusus, Telkomsel membangun 10.000 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) di seluruh Indonesia untuk menghadirkan layanan yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

Momentum RAFI merupakan momen spesial bagi masyarakat Indonesia. Jutaan orang melakukan ibadah puasa Ramadan dan ritual pulang kampung halaman pada saat Idul Fitri yang dikenal dengan mudik. Selain mudik, masyarakat Indonesia juga memanfaatkan periode tersebut untuk berlibur bersama keluarga dan kerabat.

Executive Vice President Telkomsel Area Pamasuka, Ronny Arnaz mengatakan, “Periode RAFI tahun ini menjadi momentum yang istimewa bagi Telkomsel, karena bersamaan periode ini Telkomsel genap berusia 24 tahun. Kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan setia terhadap Telkomsel selama 24 tahun ini,” ujarnya di hadapan awak media di Baruga Telkomsel Pamasuka, Jl AP Pettarani, Jumat (11/5/2019).

“Pada momen RAFI ini pula keandalan jaringan dan layanan Telkomsel yang sesungguhnya diuji, umumnya penggunaan layanan komunikasi lebih tinggi dibanding hari biasa. Untuk itu, sejak jauh-jauh hari Telkomsel menggelar berbagai persiapan dari sisi infrastruktur maupun produk dan layanan agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan dengan nyaman pada saat periode RAFI,” lanjut Ronny.

Pada RAFI tahun ini, Telkomsel Area Pamasuka memperkirakan terjadi lonjakan trafik layanan data sebesar 14% dibandingkan hari normal, bahkan sekitar 60% jika dibandingkan periode RAFI tahun lalu. 

Hal tersebut dikarenakan perilaku komunikasi pemudik maupun pelanggan saat ini didominasi penggunaan layanan data. Tingginya penggunaan layanan data antara lain dipicu seringnya pelanggan mengunggah foto dan video aktivitas mudik dan wisata ke media sosial serta aplikasi pesan instan. 

“Kualitas jaringan merupakan prioritas utama kami dalam mengantisipasi tingginya penggunaan layanan komunikasi pada periode RAFI. Dari mulai awal tahun 2019 sampai saat menjelang Ramadan dan Idul Fitri ini Telkomsel Area Pamasuka telah mengimplementasikan 2020 New BTS 4G di seluruh pita frekuensi. 

Dengan hadirnya new BTS 4G tersebut  kami menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara optimal dan prima,” jelas Ronny.

Di samping membangun ribuan BTS 4G di seluruh pita frekuensi, Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan pada 12.780 BTS 4G, mengoperasikan 16  mobile BTS yang tersebar di seluruh Area Pamasuka, serta menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa. 

Telkomsel juga menggelar posko layanan di 142 titik strategis (point of interest) yang akan beroperasi mulai H-14 sampai H+7 yang meliputi pelabuhan, bandar udara, terminal bus, dermaga, rest area, rumah sakit, area padat populasi, pasar tradisional, alun-alun, pantai, waterpark dan mal. 

Khusus di tanggal 5 – 6  Juni 2019 , Telkomsel menyiagakan 8 kantor layanan yang tetap beroperasi di hari lebaran. Kantor layanan tersebut adalah GraPARI Balikpapan, GraPARI Mitra Kota Baru, GraPARI Makassar, GraPARI Manado Mantos, GraPARI Mitra MTC Karebosi, GraPAR Mall Panakukang, GraPARI Jayapura, GraPARI Ambon Layanan tersebut membuka jam layanan mulai pukul 10 hingga pukul 15.00 WITA. Khusus di mal, jam layanan menyesuaikan dengan jam layanan mal.(*)


BACA JUGA