Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah

Usai Pelantikan Ulang, Gubernur Kembali Mutasi Eselon Dua

Kamis, 16 Mei 2019 | 17:15 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah kembali akan melakukan mutasi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II). Rencana ini dilakukan setelah proses evaluasi dan pelantikan ulang 193 pejabat eselon III dan IV yang dilantik Wagub Sulsel dan SK-nya bermasalah.

Mutasi ini akan diutamakan untuk beberapa OPD yang saat ini diisi oleh pelaksana tugas. Diantaranya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Arsip dan Perpustakaan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Biro Pembangunan dan Pengadaan Barang/Jasa, Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi dan Asisten 1 Pemerintahan.

Selain jabatan di atas, NA juga berencana menukar pejabat Kepala Balitbangda Sulsel yang saat ini dijabat oleh Iqbal Suhaeb dengan Denny Irawan (Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Keuangan, Sub Bidang Pembangunan). Ini dilakukan agar Iqbal bisa lebih fokus menjalankan tugas sebagai penjabat (Pj) Wali Kota Makassar.

“Sementara kita akan lakukan rotasi ini, nanti setelah rotasi baru bidding (lelang jabatan) sesuai kebutuhan. Kita tuntaskan dulu yang 193, setelah itu baru dilakukan. Kalau yang 193 ini minggu depan paling lambat selesai,” kata Nurdin di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (16/5/2019).

Terkait 193 pejabat yang SK-nya bermasalah, NA menyebutkan masih terus digodok dan dikaji sesuai arahan dari tim Kemendagri, KASN dan Kemenpan-RB. Dia mengungkapkan kajian dilakukan berdasarkan aturan yang ada.

“Ini sementara dikaji dan digodok sesuai arahan Mendagri, luruskan semua yang bertentangan dengan aturan. Tidak banyak, nanti kita lihat. Kita belum tahu apakah 193 atau bertambah, tidak banyak yang dievaluasi,” sebutnya.

Selama delapan bulan menjabat, NA sudah melakukan mutasi eselon II satu kali. Yaitu menggeser kepala Bapenda, BKD dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Khusus Bapenda dan BKD kemudian dilakukan lelang jabatan yang diisi oleh kerabat gubernur dan wagub.

Masing-masing Sumardi Sulaiman (kakak wagub) sebagai Kepala Bapenda Sulsel dan Asri Sahrun Sahid (orang dekat gubernur) sebagai Kepala BKD Sulsel.(*)