Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni Kr Kio bertindak sebagai inspektur upacara pada upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111 di Halaman Upacara Kantor Bupati Gowa, Senin (20/5/2019)

Harkitnas ke-111, Wabup Gowa: Momen untuk Bangkitkan Rasa Persatuan

Senin, 20 Mei 2019 | 10:36 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111 di Halaman Upacara Kantor Bupati Gowa, Senin (20/5/2019).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni Kr Kio dalam sambutannya mengatakan bahwa peringatan Harkitnas merupakan momentum untuk membangkitkan rasa persatuan, agar bangsa yang besar ini mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad.

pt-vale-indonesia

Lanjutnya, Harkitnas tahun ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. Saat ini bangsa Indonesia berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita.

“Alhamdulillah, sampai saat ini tahapan pesta demokrasi tersebut dapat berjalan lancar dan aman. Ini tiada lain berkat pengorbanan banyak saudara-saudara kita yang menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara, bahkan berupa pengorbanan nyawa,” kata Kr Kio saat membacakan sambutan seragam Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara.

Abd Rauf juga menambahkan bahwa telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo yang mana dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan ditingkah bentang geografis merupakan salah satu yang paling ekstrem namun bangsa Indonesia mampu membuktikan menjaga persatuan sampai detik ini.

“Oleh karena itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerengganan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan indonesia,” tambahnya.(*)


BACA JUGA