Ketua DPRD Gowa, Andi Muh Ishak menghadiri Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018, di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, Jalan AP Pettarani Makassar, Senin (20/5/2019)

Ketua DPRD Gowa Hadiri Penyerahan LHP BPK atas Laporan Keuangan Pemkab Gowa

Senin, 20 Mei 2019 | 21:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa, Andi Muh Ishak menghadiri Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018, Senin (20/5/2019).

Andi Muh Ishak juga ikut menandatangani berita acara penyerahan LHP BPK tahun 2018 yang dilaksanakan di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan, Jalan AP Pettarani Makassar.

Pada kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulsel, Wahyu Priyono menyampaiakan Hasil Pemeriksaan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2018. Wahyu Priyono mengungkapkan bahwa tahun ini Pemerintah Kabupaten Gowa kembali berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Pemberian WTP ini sesuai dengan UU No 15 tahun 2004 dan UU No 15 tahun 2006, BPK telah melakukan pemeriksaan atas LKPD tahun 2018. Pemeriksaan ini ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran laporan keuangan daerah dengan memperhatikan kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan (SAP), kecukupan, pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektifitas sistem pengendalian internal,” ungkapnya.

Diketahui WTP tersebut merupakan WTP yang kedelapan kalinya Pemerintah Kabupaten Gowa dapat secara berturut-turut. Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL, mengungkapkan bahwa prestasi tersebut merupakan kebanggaan bagi Kabupaten Gowa karena mampu meraih WTP kedelapan kalinya secara berturut-turut.

“Mempertahankan opini WTP selama delapan kali berturut-turut tentu adalah capaian yang sangat luar biasa. Prestasi ini tidak lepas dari bentuk dan kerjasama semua pihak, serta sebagai bukti jika penyajian dalam laporan keuangan kita sesuai dengan peraturan dan landasan yang ada,” kata orang nomor satu di Gowa itu.

Adnan mengaku, meskipun telah meraih opini WTP selama delapan kali, pihaknya akan terus memperhatikan catatan-catatan yang dilakukan oleh BPK, agar ke depan mampu memperbaiki roda jalannya pemerintahan Kabupaten Gowa.

Olehnya Adnan berharap, kedepannya bisa mempertahankan capaian itu, bahkan dirinya bersama jajarannya tidak lengah dengan capaian delapan kali WTP bahkan ini menjadi tantangan sendiri.

“Saya selalu berharap para jajaran dapat selalu kompak dan menjunjung tinggi kebersamaan demi meraih prestasi-prestasi dan keberhasilan, sehingga ini mampu kita jaga dan bisa meraih WTP setiap tahunnya,” harap Adnan.(*)


BACA JUGA