Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Sulsel kebut perbaikan permukaan jalan sepanjang Poros Malino yang rusak

Ramadan, Dinas Bina Marga Kebut Perbaikan Poros Malino

Rabu, 22 Mei 2019 | 15:00 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM — Dinas Bina Marga & Bina Konstruksi Sulsel siap menjamin kenyamanan masyarakat saat arus mudik Lebaran Idul Fitri tahun ini. Ruas jalan provinsi yang rusak pun terus dibenahi.

Poros Malino misalnya. Selama bulan suci Ramadan ini, perbaikan permukaan jalan sepanjang Poros Malino yang rusak dikebut. PPTK Pemeliharaan Jalan Poros Malino, Iskandar mengatakan, sejak pekan lalu, kegiatan perbaikan dilakukan. 

Adapun titik kerusakan yang sudah tuntas diperbaiki, yaitu mulai dari Batas Gowa-Sinjai, Kecamatan Tombolopao, hingga km 75-76 Kota Malino, Kecamatan Tinggimoncong. 

“Sejak pekan lalu kita mulai melakukan kegiatan penanganan jalan yang rusak. Mulai dari Batas Sinjai. Kemarin kita sisir kota Malino. Titik terakhir Km 75+500-76+050 dekat RM Riung,” beber Iskandar, Rabu (22/5/2019).

Proses perbaikan selanjutnya, akan difokuskan pada kilometer 26 sampai kilometer 31+300 depan SPBU Bili-Bili. Di Diakui Iskandar, sepanjang titik ini, tingkat kerusakannya cukup parah. Selain jalan banyak berlubang. Juga permukaannya bergelombang. “Hari ini kita fokus di Km ini,” katanya. 

Sebenarnya, lanjut Iskandar, perbaikan jalan Poros Malino dijadwalkan lebih cepat. Hanya saja faktor cuaca yang tidak mendukung ditambah keterbatasan ketersediaan aspal membuat proses penanganan sedikit terhambat. 

Makanya, pekerjaan perbaikan terutama di daerah Tombolo diporsir pada titik yang tidak membutuhkan aspal dulu. “Aspal yang kita pakai sekarang masih aspal pinjaman. Begitupun cuaca bisa bersahabat sehingga proses penanganan kerusakan jalan bisa lebih maksimal,” pungkas Iskandar.(*)