Ketua DPRD Kabupaten Gowa, Andi Muh Ishak menghadiri pembukaan Festival Bedug dan Takbiran Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, Kamis malam (23/5/2019)

Ketua DPRD Gowa Hadiri Pembukaan Festival Bedug dan Takbiran Tingkat Provinsi Sulsel

Jumat, 24 Mei 2019 | 12:40 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa, Andi Muh Ishak menghadiri pembukaan Festival Bedug dan Takbiran Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, Kamis malam (23/5/2019).

Pada kesempatan tersebut bersama sejumlah jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Forkopimda Kabupaten Gowa, Andi Muh Ishak ikut melakukan pemukulan bedug tanda dibukanya kegiatan tersebut.

Sementara itu Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni Kr Kio yang membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa Festival Bedug dan Takbiran merupakan agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Gowa.

“Keberadaan Festival Bedug dan Takbiran tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini sudah berjalan selama 8 tahun di Kabupaten Gowa agar dapat mengangkat dan melestarikan budaya seni tradisional sekaligus sebagai media syiar bagi umat Islam di dalam menjalankan ibadah dan amaliyah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” ujar Kr Kio.

Kr Kio juga menjelaskan bahwa pukulan bedug pada takbiran adalah simbol panggilan atau ajakan untuk berbuat dan meraih kemenangan setelah menjalankan puasa Ramadan sebulan penuh. 

Olehnya itu, ia berharap dengan adanya festival tersebut dapat mendorong generasi muda Islam untuk berakselerasi dengan tradisi dan budaya Islam agar merasa bangga dengan karya dan apresiasi seni religi yang ditampilkan. 

“Ini kita harapkan dapat menumbuhkan perasaan damai dan senang terhadap budaya lokal yang syarat dengan nilai-nilai Islam. Tak hanya itu menjadi media silaturahmi dakwah dan syiar,” harapnya.(*)


BACA JUGA