Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni Kr Kio membuka secara resmi Festival Bedug dan Takbiran Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, Kamis (23/5/2019)

Wakil Bupati Gowa Buka Festival Bedug dan Takbiran Tingkat Provinsi Sulsel

Jumat, 24 Mei 2019 | 00:14 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni Kr Kio membuka secara resmi Festival Bedug dan Takbiran Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, Kamis (23/5/2019).

Dalam sambutannya, mewakili Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, H. Abd Rauf Malaganni mengungkapkan bahwa Festival Bedug dan Takbiran meruapakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa setiap tahunnya pada bulan Ramadan.

“Keberadaan Festival Bedug dan Takbiran tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini sudah berjalan selama 8 tahun di Kabupaten Gowa,” ujar, Kr Kio sapaan akrab Wakil Bupati Gowa.

Lanjut Kr Kio, pelakasanaan Festival Bedug dan Takbiran Tingkat Provinsi Sulsel tersebut sebagai bentuk syiar Islam dan untuk melestarikan budaya tradisional.

“Selain dapat mengangkat dan melestarikan budaya seni tradisional sekaligus sebagai media syiar bagi umat Islam di dalam menjankan iabadah dan amaliyah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol selaku ketua panitia pelaksana mengatakan bahwa Festival Bedug dan Takbiran selain sebagai syiar Islam juga sebagai sarana bagi generasi muda untuk menyalurkan bakat.

Syamsuddin Bidol juga menyebutkan bahwa untuk tahun pelakasanaan Festival Bedug dan Takbiran ada penambahan kategori dibandingkan dengan tahun 2018 lalu.

“Pelaksanaan Festival Bedug dan Takbiran Tingkat Provinsi Sulsel tahun ini terdiri dari 3 kategori. Kategori pertama yaitu kategori Satuan Kerja Perangkat Daerah SKPD lingkup Pemkab Gowa, kategori kedua yaitu Profesional dan kategori ketiga yaitu kategori pemula,” tambahnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa tersebut akan digelar selama empat (4) hari, yaitu dari tanggal 23-26 Mei 2019.(*)


BACA JUGA