Maros berhasil kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulsel atas laporan keuangan Pemkab Maros tahun 2018
#

Maros Kembali Raih WTP yang Keenam Kali

Selasa, 28 Mei 2019 | 16:18 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Kabupaten Maros kembali menorehkan prestasi di bidang keuangan. Maros berhasil kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulsel atas laporan keuangan Pemkab Maros tahun 2018. Pemberian opini atas laporan keuangan ini diserahkan bersama delapan kabupaten lain se-Sulsel.

Ini merupakan opini enam kali berturut-turut yang diraih Kabupaten Maros. Terhitung sejak tahun 2014 lalu Maros berhasil meraih WTP dan dapat mempertahankan hingga tahun 2019 ini. Opini WTP ini dibacakan langsung oleh Kepala perwakilan BPK Provinsi Sulsel, Wahyu Triono.

Menurut Wahyu, opini laporan keuangan pemerintah daerah ini akan dilampirkan pada laporan pertanggungjawaban pemerintah ke DPRD. “Opini yang diberikan pemeriksa bukan merupakan jaminan bahwa didalamnya tidak ada fraud atau penyimpangan. Tapi jika pemeriksa menemukan penyimpangan dalam laporan keuangan, bisa mempengaruhi opini,” ujar Wahyu.

Wahyu memaparkan, beberapa permasalahan umum yang masih terjadi di daerah yakni, masih terjadinya kekurangan volume dalam pengerjaan konstruksi baik jalan, jembatan, dan irigasi. “Ini harap menjadi perhatian untuk mengawasi agar tidak terjadi kekurangan volume dalam pengerjaan. Selain itu, permasalahan lain adalah pengelolaan asset yang belum tertib dan belum memadai,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Maros, HM Hatta Rahman mengaku bersyukur dengan capaian kabupaten Maros. Mempertahankan opini WTP hingga enam kali berturut-turut bukanlah pekerjaan mudah mengingat pemeriksaan BPK semakin teliti.

“Dengan begini tentu ke depan kami akan lebih baik lagi dalam pelaporan keuangan sehingga laporan keuangan Maros bisa lebih berkualitas,” ungkap Hatta.(*)