Ini suasana mudik lebaran Idul Fitri di Pelabuhan Soekarno-Hatta.

Sebelum Mudik, Perhatikan Keamanan Rumah Anda

Minggu, 02 Juni 2019 | 10:00 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Masyarakat Makassar yang berencana mudik lebaran diharapkan memperhatikan beberapa hal sebelum meninggalkan rumah, khususnya mengantisipasi pencuri di rumah kosong dan terjadinya kebakaran.

Anggota Komisi D bagian Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat DPRD Kota Makassar, Supratman mengatakan, sebelum meninggalkan rumah, sebaiknya masyarakat Makassar memperhatikan hal-hal yang bisa memicu terjadinya kebakaran.

“Terutama bagian dapur. Memperhatikan kompor apabila perlu regulator tabung gas sebaiknya dicabut. Kemudian aliran listrik, yang tidak diperlukan sebaiknya dimatikan saja,” kata Supratman, Minggu (2/6/2019).

Dia melanjutkan, juga harus memperhatikan keamanan rumah dari pencuri rumah kosong. Sehingga dia mengimbau kepada masyarakat Makassar yang hendak mudik untuk memberitahukan ke tetangga atau melaporkan ke satpam perumahan.

“Hati-hatiki semua dijalan, saya doakan agar selamat sampai tujuan,” kata Supra.

Sementara itu, Anggota DPRD lainnya, Fasruddin Rusli mengatakan, kemanan rumah adalah hal yang penting diperhatikan. Apalagi bagi mereka yang meninggalkan rumah cukup lama.

“Yah benar, pencuri rumah kosong dan hal-hal yang bisa menggangu keamanan rumah, seperti kebakaran memang sangat perlu diperhatikan,” kata Acil, sapaan akrabnya.

Acil melanjutkan, selain menyampaikan ke satpam perumahan, alangkah baiknya jika disampaikan juga ke pemerintah setempat.

“Sampaikan ke pak RT atau RW. Agar ada yang membantu kita memantau rumah masing-masing saat ditinggalkan,” tandasnya.(*)


BACA JUGA