SMA Negeri 1 Maros akan membawa seorang siswanya ke event tingkat nasional di Kabupaten Banyuwangi pada 22 sampai dengan 23 Juni 2019 akan datang
#

SMANSA Maros Loloskan Siswanya ke Event PIRN Tingkat Nasional

Kamis, 13 Juni 2019 | 15:08 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Untuk kesekian kalinya, sekolah unggulan Kabupaten Maros, yakni SMA Negeri 1 Maros kembali membawa seorang siswanya ke event tingkat nasional di Kabupaten Banyuwangi pada 22 sampai dengan 23 Juni 2019 akan datang. 

Adalah A. Muh. Rezki Ramadhan, siswa kelas XI MIPA 5, kelahiran Makassar, 16 November 2002, silam yang berhasil menjadi satu-satunya siswa yang mewakili Kabupaten Maros di ajang Pekan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) yang rutin tiap tahunnya diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). 

Rezki dinyatakan lolos setelah sukses menyelesaikan proses seleksi di tingkat regional, Provinsi Sulawesi Selatan. Ia nanti akan berangkat bersama dengan perwakilan Kabupaten lain di Sulsel dan bergabung bersama 1000-an peserta lainnya di ajang PIRN LIPI. 

Guru pembimbing Indri Prayanti, Kamis (13/6/2019), mengaku bangga dengan hasil belajar siswanya. Proses belajar yang dilakukan selama ini telah berbuah manis dengan meloloskan salah seorang murid terbaiknya. 

“Dari enam orang siswa kami di SMANSA Maros, yang diikutkan pada seleksi tingkat regional Rezki lah yang berhasil lolos. Ia nanti akan berangkat ke Banyuwangi bersama siswa lain untuk bergabung di kontingen Sulsel,” katanya. 

Selama event di sana nanti, seluruh peserta akan disuguhkan materi metode penelitian dan estetika penelitian ilmu pengetahuan alam dan teknik, ilmu pengetahuan sosial dan pelatihan penelitian di lapangan. Juga akan ada science show (pameran sains) dan inspiring dialog bersama para tokoh peneliti muda. 

“Ada field trip juga, di mana seluruh peserta akan diajak untuk melihat dan meneliti langsung ke kawasan Gunung Kawah Ijen di Banyuwangi,” kata Indri. 

Diketahui bahwa pada event PIRN LIPI ini diikuti 1000-an peserta dari seluruh Indonesia mulai dari tingkat SMP, Mts, SMA, SMK dan MA sederajat.(*)