23 Juli, Sulsel Tuan Rumah Hari Anak Nasional

Rabu, 19 Juni 2019 | 11:40 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Provinsi Sulsel akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Anak Nasional, yang jatuh pada 23 Juli mendatang. Hal tersebut sudah dibahas antara Pemprov Sulsel dengan Deputi Tumbuh Kembang Anak.

“Kemarin sudah ketemu dengan Deputi Tumbuh Kembang Anak dan Sulsel siap dengan itu,” kata Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani, Rabu (19/6/2019).

Ia mengungkapkan, anak menjadi tumpuan harapan, bukan hanya bagi orang tua dan keluarga, tetapi untuk bangsa dan negara. Yang terpenting adalah bagaimana memberikan akses kepada anak, bisa tumbuh berkembang, dan berkualitas ke depan.

Abdul Hayat juga menekankan, sangat penting adanya komitmen Pemprov dan pemerintah kabupaten/kota, dalam mewujudkan daerah ramah anak. 

“Ini merupakan upaya serius pemerintah pusat dan harus bersinergi dengan daerah sebagaimana amanah di UU Nomor 23,” ujarnya. 

Magister Psikologi Sosial Unhas ini menyebutkan, tanggung jawab membesarkan seorang anak tidak hanya menjadi tanggung jawab dalam lingkungan keluarga, melainkan juga menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh lingkungan masyarakat. Untuk itu, harus ada ruang strategis untuk anak agar mereka dapat mengembangkan kreatifitas dan hak untuk bermain.

“Memberikan hak bermain bagi setiap anak adalah hal yang penting diterapkan di setiap keluarga dan masyarakat,” imbuhnya. 

Selain itu, harus ada mind-set yang diubah pada setiap orang tua agar memberikan ruang kreatifitas dalam bentuk bermain kepada anak. Tentu saja disertai dengan komitmen dan tanggung jawab pada mereka.(*)


BACA JUGA