Pemkot Makassar Targetkan Pembersihan Kanal Rampung Bulan Juni

Rabu, 19 Juni 2019 | 18:24 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sejak dilantik sebagai Pj wali kota Makassar pada 13 Mei lalu, Dr M Iqbal S Suhaeb rajin turun ke lapangan memantau langsung progres pembersihan kanal yang dilakukan aparat kecamatan dan kelurahan. 

Kunjungan pertama dilakukan Iqbal pada 29 Mei lalu, tepat 16 hari pasca ia dilantik. Iqbal memantau pembersihan kanal Pabaeng – baeng oleh Satgas kebersihan dan drainase. 

Saat itu, Iqbal mengingatkan agar warga tidak lagi membuang sampah di kanal yang dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan. 

Tepat 10 hari kemudian, pada (8/6/2019), Iqbal mengunjungi kanal di Tanjung Bunga (kanal Jongayya), kanal Patompo, dan kanal Pa’baeng-baeng. Keesokan harinya (9/6/2019), Iqbal mengulangi pantauannya ke kanal Jongayya dan Sambung Jawa. 

“Setelah berkeliling beberapa waktu lalu, ada dua persoalan yang umum kita jumpai di kanal dalam kota yaitu masalah sedimentasi dan genangan sampah. Ini sudah kami instruksikan ke camat dan lurah agar segera mengerahkan pasukan untuk membersihkan dan kordinasi dengan pihak terkait untuk pengerukan tanah (sedimentasi),” kata Iqbal. 

Ia berharap persoalan kebersihan kanal bisa tuntas dikerjakan dalam bulan Juni, dan Iqbal mengimbau warga agar bisa bersama pemerintah menjaga kebersihan kanal.(*)