Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah (Setda) Sulsel, Muhammad Hatta

Rekomendasi Inspektorat, Gubernur Diminta Nonaktifkan Kepala Biro Umum

Kamis, 20 Juni 2019 | 16:27 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Rekomendasi kepala Inspektorat Sulsel, Nomor 045.2/4039/A.2/itprov, tertanggal 19 Juni 2019, meminta Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah segera menonaktifkan Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah (Setda) Sulsel, Muhammad Hatta.

Jika rekomendasi inspektorat ini tidak dilaksanakan, maka gubernur dianggap melindungi pejabat yang bersangkutan dan dinyatakan ikut serta di dalam perbuatan sebagaimana yang ditemukan dalam audit khusus lanjutan inspektorat. 

Berdasarkan hasil audit lanjutan khusus, inspektorat menemukan bahwa di Biro Umum dan Perlengkapan Setda Provinsi Sulsel patut diduga telah melakukan penyimpangan dalam pengelolaan keuangan pada tahun anggaran 2018.

Nurdin Abdullah sangat menyayangkan kalau masih ada pejabat di lingkup Pemprov Sulsel yang masih berani melakukan penyimpangan dalam melaksanakan tugas karena sejak awal gubernur telah melibatkan Korsum KPK untuk melakukan pembinaan administratif di Pemprov Sulsel agar tercipta pemerintahan yang bersih.

“Gubernur menegaskan kalau inspektorat memerintahkan itu harus segera dilaksanakan. Insya Allah segera dibuat SKnya,” tegas Sekda Sulsel Abdul Haya Gani.

Gubernur berharap, kejadian ini menjadi pelajaran bagi semua pejabat dan ASN dalam melaksanakan tugas negara dengan penuh tanggung jawab. 

Dalam setiap kesempatan Gubernur Prof HM Nurdin Abdullah selalu menekankan kerja profesional, jujur, bersih dan rapi administrasi.(*)