Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang (SDACKTR) Sulsel, Andi Darmawan Bintang

Renovasi Gedung VIP Bandara Lama, Pemprov Siapkan Rp1,5 Miliar

Kamis, 20 Juni 2019 | 16:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan anggaran sekitar Rp1,5 miliar untuk merenovasi gedung VIP Bandara Lama Mandai. 

Sejak dibangun tahun 1993 dan setelah bandara baru beroperasi, bangunan seluas 1000 meter persegi tersebut belum pernah direnovasi. Padahal bangunan ini sering digunakan sebagai tempat transit pejabat penting yang menggunakan pesawat pribadi di Bandara Sultan Hasanuddin.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang (SDACKTR) Sulsel, Andi Darmawan Bintang mengatakan dengan kondisi bangunan yang ada sudah seharusnya dilakukan perbaikan.

“Tempat transit akan dibuat dengan wajah yang beda, fasilitas seharusnya memang ditingkatkan,” kata Darmawan usai menemui Gubernur Sulsel di Rujab Gubernur, Jl Jend Sudirman, Kamis (20/6/2019).

Tak hanya gedung, lahan seluas 3900 meter persegi juga akan ditata kembali. Rencananya gedung baru hasil renovasi akan bertemakan budaya Sulsel.

“Untuk pelaksanaan pengejaran fisik paling lambat dia bulan ke depan setelah proses lelang. Kita targetkan renovasi akan selesai selama tiga bulan, semoga sebelum akhir tahun sudah rampung,” jelasnya.

Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah mengatakan perbaikan gedung VIP Bandara Lama sebagai salah satu langkah menampilkan sisi depan atau gerbang Sulsel. Apalagi gedung ini menjadi tempat transit dan kedatangan/keberangkatan pejabat penting.

“Itu pintu gerbang Sulsel banyak jet pribadi yang parkir dan lewat situ, makanya dibuat bagus. Ini juga alternatif kalau ada kepala negara yang datang, fasilitas ini sangat penting,” pungkasnya.(*)