Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb didampingi ketua TP PKK Murni Djamaluddin Iqbal menerima kunjungan tim verifikasi lapangan pelayanan pemeriksaan Test IVA tingkat Nasional bertempat di Baruga Angin Mamiri Rujab Walikota Makassar Jalan Penghibur, Jumat (21/6/2019)

Ketua Tim Verifikasi Lapangan Lomba Pelayanan Kesehatan Apresiasi TP PKK Kota Makassar

Sabtu, 22 Juni 2019 | 10:13 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM -– Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar Dr M Iqbal S Suhaeb didampingi ketua TP PKK Murni Djamaluddin Iqbal menerima kunjungan tim verifikasi lapangan pelayanan pemeriksaan Test IVA tingkat Nasional bertempat di Baruga Angin Mamiri Rujab Walikota Makassar Jalan Penghibur, Jumat (21/6/2019).

Dalam sambutannya Iqbal menjelaskan pentingnya deteksi dini pencegahan kanker serviks atau yang dikenal dengan kanker leher rahim melalui IVA test.

“Berdasarkan riset yang dilakukan Riskesdas, prevalensi kanker di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan dari 1,4 per 1000 penduduk di pada tahun 2013 dan 1,79 per 1000 penduduk pada tahun 2018. Di mana penderita kanker serviks menduduki urutan kedua setelah kanker payudara,” ujarnya.

Umtuk itu, Iqbal mengimbau kepada para camat untuk memfasilitasi bagi wanita usia 30 hingga 50 tahun melakukan test IVA umtuk pencegahan dini terhadap kanker serviks, apalagi bagi masyatakat yang kurang mampu.



“Kita harus memfasilitasi warga yang kurang mampu untuk menjalani tes kanker serviks jangan dibiarkan masyarakat berpotensi mengidap penyakit kanker serviks, apalagi bagi masyarakat kurang mampu,” jelasnya.

Ketua tim verifikasi lapangan Pokja IV tingkat Nasional Dr. Syahrial memberi apresiasinya kepada TP PKK kota Makassar dan TP PKK provinsi yang telah bekerja secara optimal hingga terlaksananya kegiatan ini.

“Terima kasih yang sebesar besarnya tim kami yang membawahi kesehatan mendapatkan respon dan antusias besar dari pemerintah kota dilihat dari kualitas pelayanan dan peningkatan layananan kesehatan yang diberikan pemerintah khususnya di Kelurahan Manggala,” terangnya.

Pengumuman pemenang lomba akan dilaksanakan pada puncak acara Hari Kesiapsiapan Bencana HKB yang rencananya akan dilangsungkan di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 2 Juli mendatang.(*)


BACA JUGA