Pemkab Maros melakukan kunjungan ke tempat budidaya pembibitan ikan bandeng skala rumah tangga di Kabupaten Buleleng, Bali
#

Belajar Pembenihan Bibit Ikan Bandeng, Pemkab Maros Kunjungi Bali

Selasa, 25 Juni 2019 | 11:31 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten Maros akan mengembangkan pembibitan bandeng skala rumah tangga. Keseriusan Pemkab Maros ini dibuktikan dengan melakukan kunjungan dan belajar ke Kabupaten Buleleng. Kunjungan kerja ini dipimpin langsung oleh Bupati Maros HM Hatta Rahman bersama Dinas Perikanan dan Kelautan. 

Kepala seksi data dan informasi Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Maros Muhisal mengatakan, pemerintah Kabupaten Buleleng Provinsi Bali telah mengembangkan pembibitan ikan bandeng di skala rumah tangga sehingga Maros berkeinginan untuk mengadopsinya ke petani-petani daerah pesisir Maros. 

“Kita telah melihat dan belajar cara mengembangkan pembibitan ikan bandeng di Kabupaten Buleleng. Nanti kita akan lihat bentuknya dan survei lokasi di Maros di mana yang cocok yang sesuai kondisi alamnya,” ujar Muhisal. 

Muhisal menambahkan, pembibitan ikan bandeng skala rumah tangga berkembang dan berhasil di Kabupaten Buleleng sehingga tidak terjadi kekurangan bibit bandeng. Menurutnya, selama ini Maros kesulitan dan kekurangan bibit bandeng karena masih membeli dari luar Maros. 

“Selama ini kita tergantung dari daerah lain untuk mendatangkan bibit bandeng. Kadang saat butuh daerah lain tidak siap sehingga kita kekurangan bibit bandeng. Dengan mengembangkan bibit sendiri di skala rumah tangga maka ke depan bibit bandeng bisa diproduksi sendiri dan tidak lagi bergantung pada daerah lain,” ujar Muhisal. 

Ke depan, pemerintah kata Muhisal akan membentuk daerah percontohan dengan menggelar pelatihan untuk masyarakat sehingga masyarakat bisa mengembangkan masing-masing. 

Untuk kecamatan akan dilihat kecamatan yang cocok namun dipusatkan kecamatan yang akan mengembangkan hal ini adalah kecamatan yang berada di pesisir. 

Sementara itu, Bupati Maros mengatakan pihaknya melihat Kabupaten Buleleng berhasil mengembangkan budidaya bibit ikan bandeng. 

Selain itu, Bupati Maros ingin melihat langsung fasilitas riset dan komoditas yang ada di Buleleng dan juga berkesempatan melihat langsung dan berdiskusi dengan pembudidaya bandeng skala lengkap m di Desa Penyabangan yang merupakan sentra budi daya Bandeng dan Kerapu di Buleleng.

”Kami berterima kasih dan memberikan apresiasi karena paling tidak kami bisa mengadopsi dan mengoptimalkan potensi perikanan budidaya di Kabupaten Maros melalui adopsi teknologi budidaya Perbenihan Ikan Bandeng. Ini adalah salah satu bukti nyata peran Pemda Maros dalam mendorong pembangunan masyarakat Kelautan dan Perikanan melalui sektor perikanan budidaya,” pungkasnya.(*)