Calon Mahasiswa Luar Negeri Program 5000 Doktor yang diselenggarakan Kemenag mengikuti pelatihan IELTS di UPT Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Alauddin Makassar

12 Calon Mahasiswa Program 5000 Doktor Kemenag Ikut Pelatihan IELTS di UIN Makassar

Sabtu, 29 Juni 2019 | 23:23 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sebanyak 12 calon Mahasiswa Luar Negeri Program 5000 Doktor yang diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) mengikuti pelatihan International English Language Testing System (IELTS) di UPT Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) UIN Alauddin Makassar.

Koordinator Program 5000 Doktor Kemenag Luar Negeri, Didin Nuruddin Hidayat, mengatakan bahwa pelatihan tersebut akan berlangsung selama tiga hingga enam bulan ke depan. 

“Sudah dimulai sejak Senin, (24/6/2019) lalu, di Laboratorium Bahasa Perpustakaan Syech Yusuf UIN Alauddin,” ujar Didin Nuruddin Hidayat, Sabtu (29/6/2019).

Didin Nuruddin Hidayat juga menjelaskan bahwa kursus tersebut bertujuan untuk tercapainya syarat minimum skor bahasa dan standar akademik awardee yang berlaku di perguruan tinggi tujuan.

“Program ini wajib diikuti seluruh calon mahasiswa program 5000 doktor,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut menjelaskan program persiapan bahasa dan akademik adalah program penunjang 5000 doktor luar negeri dan merupakan salah satu dari 12 komponen beasiswa yang disediakan Kemenag RI. 

“Jika calon mahasiswa melanggar aturan, misalnya kehadiran dalam mengikuti kursus tidak mencapai 90% maka beasiswa tersebut akan dicabut,” tegasnya. 

Sekadar diketahui, program 5000 doktor ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dosen dan tenaga kependidikan pada PTKI dengan memberikan bantuan beasiswa program doktoral baik di dalam maupun di luar negeri. Program tersebut telah disahkan oleh Presiden RI Joko Widodo pada tahun 2014.(*)