Ketua PMI Kota Makassar, Dr Syamsu Rizal MI, menghadiri launching aplikasi darahkita.id versi 2.0, yang bertempat di Coffe Obia Eatery, Jl Tun Abdul Razak, Minggu (14/7/2019)

Launching Aplikasi Darahkita.id, Deng Ical Harap Mampu Mendukung Kerja PMI

Minggu, 14 Juli 2019 | 15:18 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kehadiran aplikasi darahkita.id mendapatkan apresiasi dari ketua PMI Kota Makassar, Dr Syamsu Rizal MI.

Hal ini ia sampaikan saat menghadiri launching aplikasi darahkita.id versi 2.0, yang bertempat di Coffe Obia Eatery, Jl Tun Abdul Razak, Minggu (14/7/2019).

pt-vale-indonesia

Sekadar diketahui, aplikasi darah kita dapat menghubungkan para pahlawan yang ingin menyumbangkan darahnya dengan mereka yang membutuhkannya tanpa ribet.

Dengan adanya aplikasi darahkita.id diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan darah maupun bagi PMI Kota Makassar, dan menjadi penyemangat bagi PMI Kota Makassar untuk mengemban tanggung jawab.

“Dengan hadirnya darahkita.id diharapkan mampu mendukung kerja kerja PMI, apalagi saat ini PMI Kota Makassar diberikan tanggung jawab untuk menjadi pusat rujukan transfusi Indonesia Timur,” ujarnya.

Alhamdulillah perintah ini diberikan untuk PMI Kota Makassar, dikarenakan PMI Kota Makassar telah terstandarisasi dan menjadi yang terbaik di Indonesia.

“Proses standarisasi pengelolaan darah sebelum ditransfusi ke pasien menjadi sangat penting untuk memastikan kelayakan darah yang ditransfusi, dan biaya proses 1 kantong darah antara 415 ribu hingga 3 juta rupiah,” ujarnya.

Hal ini pula yang mengharuskan keluarga pasien untuk membayar biaya pengganti pengelolaan darah sebesar 335 ribu.

“Memastikan darah yang ditransfusi darah sehat dan bebas dari Hepatitis B, Hepatitis C, Spilis, HIV, Aids,” ujar Deng Ical.

PMI Kota Makassar telah berkomitmen untuk berstandarisasi sesuai dengan standarisasi WHO.(*)