1200 Sekolah Gelar Pemilihan Ketua OSIS Serentak, Begini Mekanismenya

Selasa, 16 Juli 2019 | 16:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan akan menggelar pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA dan SMK se-Sulawesi Selatan. Rencananya ada sekitar 1200 sekolah yang akan menggelar pemilihan serentak ini 26 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan pemilihan Ketua OSIS ini menjadi ajang pesta demokrasi bagi siswa di lingkungan sekolah. Nantinya masa periode pengurus OSIS masing-masing sekolah akan diseragamkan.

Bahkan pemilihan ketua OSIS nantinya akan dipilih melalui aplikasi bukan lagi seara manual. Mekanisme penentuan ketua OSIS mirip pemilihan kepala daerah dengan sistem jadwal pendaftaran calon, kampanye hingga pada pemilihan serentak.

“Nanti menggunakan aplikasi, kita lagi susun yang berbasis android atau lewat laboratorium komputer. Untuk alokasi anggarannya dari dana sekolah,” jelas Irman.



Sistem ini menurutnya yang pertama dilakukan untuk siswa se-Indonesia, sehingga inovasi ini menjadi percontohan yang baik dalam sistem pemilihan Ketua OSIS.

“Ini kan sistemnya pembinaan, jadi misalnya kalau dibeberapa sekolah sudah ada Ketua OSISnya kita gunakan sistem pemilihan ulang lagi melalui aplikasi,” tambah None sapaan akrab Kepala Dinas Pendidikan.

Tak hanya itu, Disdik Sulsel sedang mengusulkan agar Surat Keputusan (SK) dan pelantikan ketua OSIS dilakukan oleh Gubernur Sulsel. Hal ini akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi ketua OSIS yang terpilih.

“Ini juga sudah direncanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kita berharap mereka yang jadi Ketua OSIS punya jalur tersendiri saat mendaftar di perguruan tinggi nantinya,” tutup None.(*)