Menteri Sosial Republik Indonesia (RI), Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan rehabilitasi dan revitalisasi Makan Pahlawan Nasional (MPN) Sultan Hasanuddin di Jalan Pallantikang Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Selasa (16/7/2019)

Mensos RI Resmikan Rehabilitasi Makam Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin

Selasa, 16 Juli 2019 | 16:52 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Menteri Sosial Republik Indonesia (RI), Agus Gumiwang Kartasasmita meresmikan rehabilitasi dan revitalisasi Makan Pahlawan Nasional (MPN) Sultan Hasanuddin di Jalan Pallantikang Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Selasa (16/7/2019).

Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa rehabilitasi tersebut sebagai bentuk penghargaan Pemerintah Pusat kepada para Pahlawan Nasional yang telah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia.

Tak hanya itu, lanjut Agus Gumiwang Kartasasmita rehabilitasi dan revitalisasi Makam Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin sebagai upaya untuk memberikan edukasi kepada generasi muda tentang nilai-nilai kepahlawanan.

“Tujuan lain adalah tentu untuk memberikankan edukasi atau pendidikan-pendidikan kepada generasi penerus, generasi muda terhadap nilai-nilai dari perjuangan itu sendiri, nilai-nilai kepahlawanan, nilai-nilai dari kesetiawanan sosial itu juga salah satunya,” ujarnya.



Namun yang tidak kalah pentingnya, Agus Gumiwang Kartasasmita menyebutkan rehabilitasi dan revitalisasi Makam Sultan Hasanuddin untuk menjadi sebagai tempat destinasi wisata sejarah yang ada di Kabupaten Gowa dan Sulawesi Selatan.

“Tujuan yang tidak kalah pentingnya agar taman makam pahlawan ini bisa dijadikan objek pariwisata untuk Kabupaten Gowa maupun Sulawesi Selatan,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Pepen Nazaruddin mengatakan bahwa anggaran untuk merehabilitasi Makam Pahlawan Nasional Sultan Hasanuddin sebesar Rp4,5 miliar yang menggunakan dana pusat dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gowa.

“Komponen pembangunan/rehabilitasi MPN Sultan Hasanuddin berasal dari alokasi dana APBN sebesar Rp2.000.000.000 dan sharing dana APBD Pemerintah Kabupaten Gowa sebesar Rp2.500.000.000, adalah melakukan pekerjaan Historical Park,” tambahnya.(*)


BACA JUGA