Mahasiswa KKL FSH Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar lakukan pengukuran arah kiblat di Bumi Perkemahan Cadika Limbung Kecamatan Bajeng, Rabu (17/7/2019)

Mahasiswa KKL FSH UIN Alauddin Makassar Ukur Arah Kiblat di Cadika Limbung

Rabu, 17 Juli 2019 | 14:33 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar lakukan pengukuran arah kiblat di Bumi Perkemahan Cadika Limbung Kecamatan Bajeng, Rabu (17/7/2019).

Fadiyah, mahasiswa KKL Jurusan Perbandingan Hukum UIN Alauddin Makassar mengatakan bahwa pengukuran arah kiblat merupakan program KKL mahasisiwa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar.

“Ini program fakultas, jadi setiap akhir semester semua diwajibkan KKL untuk menentukan arah kiblat,” ujarnya.

Menurut Fadiyah, penentuan arah sangat penting. Mengingat sangat bergantung pada sah atau tidaknya salat. “Arah kiblat ini penting karena kalau kita salat kan menghadap kiblat, supaya kita tidak salah arah,” lanjutnya.



Fadiyah juga mengungkapkan bahwa selama KKL ia menemukan sejumlah masjid yang arah kiblat tidak tepat. “Ada beberapa masjid kami dapat, tidak sesuai arah kiblatnya. Tapi kami tetap memberikan penjelasan kepada masyarakat dan menyerahkan semuanya ke masyarakat mau ikut atau tidak,” jelasnya.

Mahasiswi semester VI ini berharap dengan adanya pengukuran arah kiblat tersebut tidak ada lagi orang salah kiblat ketika salat khususnya bagi yang berkegiatan di Bumi Perkemahan Cadika Limbung.

“Semoga ke depan tidak ada lagi yang salah arah kiblatnya dalam salat. Kami juga berharap ini akan menjadi amal jariyah bagi mahasiswa KKL Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar,” harapnya.

Mahasiswa KKL yang terdiri dari berbagai jurusan di Fakultas Syariah dan Hukum tersebut didampingi oleh satu dosen pembimbing, Fatmawati Hilal yang juga merupakan Ketua Ikatan Da’iyah (IKADY) Kabupaten Gowa.(*)