Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulsel, Askari

Menteri Turki Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional di Makassar

Jumat, 19 Juli 2019 | 17:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2019 dipusatkan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Pelaksanaan kegiatan mulai hari ini, Jumat (19/7/2019) hingga Selasa (23/7/2019).

Yang menarik, pelaksanaan HAN tahun ini juga akan dihadiri Menteri Keluarga, Tenaga Kerja dan Layanan Sosial Turki, Zebra Zumrut Selcuk. Nantinya akan ada kerjasama bilateral antara pemerintah Indonesia dan Turki dalam perlindungan anak.

“Mau lihat bagaimana program perlindungan anak di Sulsel dan ada kerjasama dengan Kementerian PPPA,” kata Pelaksana tugas (Plt) Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sulsel, Askari, Jumat (19/7/2019).

Askari menyebutkan, rangkaian HAN akan dimulai Forum Anak Nasional. Pembukaan Jumat malam (19/7/2019) di Taman Lakipadada Rujab Gubernur Sulsel. Setelah itu ada diskusi atau FGD di Hotel Sheraton 20-21 Juli untuk merumuskan deklarasi anak.



“Mereka akan¬†melakukan diskusi untuk deklarasi anak. Bagaimana anak dilibatkan dalam proses pengambilan keputusan untuk pengambilan kebijakan pembangunan anak ke depan. Hasilnya dalam bentuk deklarasi yang akan dibaca di Benteng Rotterdam tanggal 22 malam,” jelasnya.

Selasa pagi (22/7/2019), peserta forum anak dari 34 provinsi akan mengikuti outbound di Pantai Akkarena. Setelah itu, malam harinya akan mengikuti penutupan FAN di Benteng Fort Rotterdam. 

Puncak acara sendiri akan dilakukan di lapangan Karebosi. Hingga saat ini, pejabat yang dijadwalkan hadir adalah Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla atau Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.(*)