Kepala Bidang Kepamongprajaan Kepemimpinan, dan Prajabatan, Johanna Nap di Baruga Karaeng Pattingalloang Kantor Bupati Gowa, Rabu (24/7/2019)

Tertarik Adopsi Inovasi Gowa, Peserta Diklat PIM IV Provinsi Papua Berkunjung ke Gowa

Rabu, 24 Juli 2019 | 21:53 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Tertarik dengan inovasi yang diterapkan di Kabupaten Gowa, Peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan (PIM) IV Kabupaten se-Provinsi Papua menjadikan Gowa sebagai lokus Benchmarking.

“Kami memilih Gowa karena setelah kami google di internet Gowa ini banyak sekali inovasi yang telah dilakukan sehingga inilah salah satu alasan kami hadir untuk mengadopsi dan mengadaptasi beberapa inovasi pada empat dinas,” ungkap Kepala Bidang Kepamongprajaan Kepemimpinan, dan Prajabatan, Johanna Nap yang memimpin rombongan.

pt-vale-indonesia

Empat Satuan Kerja Perangkat Daerah SKPD yang menjadi lokus kunjungan yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP), dan Dinas PPKB.

Dijelaskan Johanna, pada benchmarking ini peserta dibagi ke dalam empat kelompok dan diararkan melihat secara langsung program unggulan dan inovasi untuk diadopsi dan diadaptasi dalam pengelolaan kegiatan jelang tahun perubahan di daerahnya.

“Kami tertarik pada inovasi Dinkes, PPKB, PTSP, dan Dinas Pendidikan Gowa, jadi salah satu tujuan kegiatan ini untuk memperluas wawasan dari seluruh peserta dan diarahkan mengambil data dan informasi di lokus yang telah ditentukan,” jelas Johanna di Baruga Karaeng Pattingalloang Kantor Bupati Gowa, Rabu (24/7/2019).

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Muchlis sekaligus menerima kunjungan Provinsi Papau mengatakan Kabupaten Gowa memiliki beberapa program unggulan, prestasi dan inovasi pada empat dinas tersebut, salah satunya di bidang kesehatan yakni program Kesehatan Gratis yang sudah ada sejak beberapa tahun lalu, pada Dinas Pendidikan terdapat Program Pendidikan Gratis dan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB).

“Sebenarnya Pemkab Gowa senantiasa melakukan inovasi-inovasi terbaru pada bidang pendidikan, bahkan kami mencanangkan Gowa Kabupaten Pendidikan pertama di Sulsel,” terangnya.

Selain itu, pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB)  dengan prestasinya yang baru saja memperoleh penghargaan Manggala Karya Kencana dan Pin Emas atas prestasi komitmen dan dukungannya dalam mendukung pelaksanaan program kependudukan, serta program unggulannya dengan kampung KB dilengkapi beberapa rumah data.

Tak hanya itu, pada Dinas Penanaman Modal PTSP yang sudah menggunakan sistem online perizinan usaha terintegrasi secara elektronik dengan seluruh kementerian serta pajak online melalui sistem ini.

“Semua dinas insyaallah ada yang bisa diadopsi dan untuk lanjutnya nanti akan diarahkan masing-masing dinas terkait untuk mendampingi,” jelas Muchlis.

Diakhir penerimaan dilakukan penyerahan cinderama kenang-kenangan dari Pemkab Gowa untuk Papua begitupun sebaliknya. Turut mendapingi Asisten Bidang Administrasi, Kepala BKPSDM, Kadis Kesehatan, Kabid Dinas Pendidikan, Kadis PM-PTSP, dan Kadis PPKB Kabupaten Gowa.(*)