Intip Ragam Kegiatan Pemuda Marusu Maros Peringati Hari Mangrove

Senin, 29 Juli 2019 | 13:04 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM – Pemuda Kecamatan Marusu Kabupaten Maros peringati HUT ke-46 KNPI dan Hari Mangrove sedunia dengan berbagai ragam kegiatan peduli lingkungan.

Kegiatan tersebut dikemas dalam Lingkar Bakau 2019, yang berlangsung di Pantai Kuri Caddi Marusu Maros, pada Jumat-Ahad, 26-28 Juli ini.

Sebagai puncak kegiatan Lingkar Bakau 2019, dilakukan penananam 400 bibit mangrove di kawasan Pantai Kuri Caddi Marusu Maros, sebagai peringatan Hari Mangrove Sedunia, Ahad (28/7/2019).

Penananam 400 bibit mangrove ini dilakukan oleh Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Ketua DPRD Maros A.S Chaidir Syam, Camat Marusu Maros Andi Wandi Patabai, pengurus KNPI Kabupaten Maros dan KNPI Kecamatan Marusu Maros. 



Juga hadir pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ekoregian Sulawesi Maluku, kepala desa dan tokoh masyarakat se Marusu Maros dan stakeholder lainnya.

Ketua KNPI Marusu Maros, Khaerul Awal, mengatakan, beberapa acara Lingkar Bakau 2029, antara lain kelas ekologi di SMA 9 Marusu Maros, kemah pemuda dan pelajar, pentas seni budaya Sanggar Kaemba, penanaman mangrove dan bersih Pantai Kuri Caddi.

Dia menjelaskan, kelas ekologi mengedukasi pelajar dan pemuda tentang pentingnya pelestarian lingkungan, termasuk memberikan wawasan manfaat mangrove bagi daerah pesisir.

“Kami sedang mendorong potensi Pantai Kuri Caddi dan nilai-nilai budaya lokal melalui Lingkar Bakau 2019, sehingga bisa dipadukan menjadi objek wisata unggulan di Maros,” ujarnya.

Ketua Koperasi Pemuda Marusu Maros ini menambahkan, kegiatan ini bisa ditindaklanjuti dengan langkah nyata dengan kerjasama stakeholder serta bisa menggugah pihak industri di Marusu Maros melalui program CSR untuk membantu peningkatan kapasitas pemuda dan masyarakat.(*)


BACA JUGA