Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, di acara Dies Natalis UNM yang ke 58 tahun, yang dilaksanakan di Ruang Phinisi, Rabu (31/7/2019)

Atasi Kelangkaan Air di Makassar, Gubernur Usulkan Sistem PDAM Diubah

Kamis, 01 Agustus 2019 | 09:16 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Memasuki musim kemarau beberapa daerah di Kota Makassar mulai mengalami kelangkaan air bersih. Terlebih suplai air dari PDAM Makassar tak mampu menjangkau semua daerah.

Melihat kondisi ini, Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah berencana mengubah sistem pengelolaan PDAM Makassar. Jika selama ini dilakukan sentralisasi, ke depan akan diupayakan persektor.

“PDAM itu masih sentral, sementara di beberapa negara-negara maju dilakukan sektor-sektor sehingga mengontrol airnya itu bagus. Kalau Makassar ini hanya satu sumber mana bisa mengontrol secara keseluruhan,” kata Nurdin, Rabu (31/7/2019).

Untuk mewujudkan rencana itu, dalam waktu dekat Nurdin Abdullah akan memanggil Pj Wali Kota Makassar dan PDAM Makassar. Nurdin akan menawarkan beberapa contoh pengelolaan air bersih dari beberapa negara yang ia kunjungi.

“Air itu sangat vital dan menjadi kebutuhan kita semua. Kalau saya melihat ini harus ada langkah cepat, apalagi sumber air baku kita sebenarnya melimpah dan yang terpakai baru sedikit,” jelasnya.

Terkait kelangkaan air di beberapa kecamatan di Makassar, Nurdin meminta PDAM Makassar membanyak mobil tangki. Dengan mobil ini, PDAM bisa menjangkau daerah yang kekurangan air bersih.(*)