Lembaga Latoa menggelar Kelas Film Latoa 2019 yang bertajuk "Melalui Film Kita Ciptakan Generasi Kreatif dan Inovatif", bertempat di Aula Perpustakaan Daerah Maros Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 09, Sabtu (3/8/2019)
#

Edukasi Literasi dan Film, Lembaga Latoa Gelar Kelas Film 2019

Minggu, 04 Agustus 2019 | 00:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Lembaga Latoa menggelar Kelas Film Latoa 2019 yang bertajuk “Melalui Film Kita Ciptakan Generasi Kreatif dan Inovatif”, bertempat di Aula Perpustakaan Daerah Maros Jl. Lanto Dg. Pasewang No. 09, Sabtu (3/8/2019).

Acara ini diikuti puluhan peserta baik dari kalangan pemuda maupun pelajar. Adapun materi-materi yang diberikan berupa “Teknik Pembuatan Film” yang dibawakan langsung oleh Olank Sukardi selaku Ketua Latoa sekaligus Sutradara, kemudian dilanjut dengan penjelasan tentang “Cara Menulis Skenario” oleh Nur Hikma HS dan materi terakhir yaitu “Teknik Pengambilan Gambar oleh Ashar”.

muhammad-ismak

“Acara ini bertujuan untuk menciptakan sineas-sineas baru yang dapat memajukan perfilman di Maros. Kelas Film ini bukan hanya sekedar meminjam tempat di perpustakaan saja melainkan Perpustakaan Daerah Maros berperan penting dalam mendukung segala aspek keberlangsungan kegiatan ini,” ujar Olank. 

Tidak sampai di situ saja, setelah merampungkan seluruh materi yang dibawakan kegiatan dilanjut dengan praktek pembuatan film pendek. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok ditambah kelompok dari gabungan ketiga pemateri. 



Empat kelompok lalu diberi waktu untuk berdiskusi dan menulis skenario kemudian langsung mengambil gambar dan terakhir diedit yang semua lokasi syutingnya dilakukan di Perpustakaan Daerah. 

Setelah pembuatan film selesai, semua pemateri dan peserta bersama-sama menonton karya dan menilainya. 

“Ada juga penyerahan simbolis buku terbitan dari Lembaga Latoa berjudul “Perspektif Semiotika” kepada pengurus perpustakaan daerah yang diharapkan dapat membantu dalam hal kesadaran akan literasi,” tutupnya.(*)