Kesbangpol Kabupaten Maros menggelar sosialisasi kewaspadaan dini masyarakat di Kecamatan Lau, Senin (5/8/2019)
#

Buka Acara Kesbangpol, Harmil Mattotorang: Tingkatkan Kewaspadaan Dini

Senin, 05 Agustus 2019 | 22:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Maros, menggelar sosialisasi kewaspadaan dini masyarakat di Kecamatan Lau, Senin (5/8/2019).

Dibuka Wakil Bupati Maros, H.A Harmil Mattotorang didampingi Camat Lau, Andi Rais Noval, kegiatan ini diikuti lurah, kepala desa, ketua RW tokoh masyarakat dan tokoh pemuda se-Kecamatan Lau. Juga unsur TNI dan Polri.

muhammad-ismak

Harmil Mattotorang mengatakan, kewaspadaan dini merupakan serangkaian upaya atau tindakan untuk menangkal segala potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan dengan meningkatkan pendeteksian dan pencegahan dini.

“Kita harus mempunyai rasa peduli dan lebih baik kita waspada, sebelum hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi,” ujarnya.



Narasumber, Danramil 1422-01 Lau, Mayor Arh Yuliansyah menyampaikan, Kewaspadaan masyarakat adalah kondisi kepekaan, kesiagaan dan antisipasi dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya kerawanan.

“Bentuk kepedulian adalah dengan mengetahui kegiatan di sekitar kita, lingkungan kita, mulai dari tingkat RT, RW, kelurahan atau desa yang perlu mendapat perhatian. Bukan berarti kita senantiasa curiga, namun kita mempunyai rasa peduli dan kita lebih baik waspada dari pada terjadi,” paparnya.

Sementara, Ketua panitia dari Kesbangpol Maros, Saharuddin Bado mengatakan, kegiatan ini diharapkan memberi pemahaman untuk mendeteksi dan mencegah permasalahan yang mempengaruhi penyelenggaraan pemerintahan.

“Elemen masyarakat diharapkan menjaga dan memelihara kewaspadaan dini,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan sosialisasi SKCK Online yang diterapkan oleh Polres Maros, yang disampaikan oleh KBO Sat Intelkam Polres Maros, Iptu H Muhammad.(*)