Wakil Bupati Maros, Andi Harmil Mattotorang (IAM)

Cegah Resiko Bencana, Wabup Maros Bentuk Forum BPBD

Senin, 05 Agustus 2019 | 23:15 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Mengantisipasi resiko bencana alam yang terjadi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros, membentuk pengurus BPBD di Gedung Baruga B Kantor Bupati Maros, Senin (5/8/2019).

Hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Maros, H.A.Harmil Mattotorang, Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maros, Frans Johan, perwakilan Kantor BMKG Maros, serta perwakilan Kodim 1422/Maros.

muhammad-ismak

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Maros mengatakan bahwa salah satu tujuan pembentukan forum BPBD adalah untuk mengurangi resiko bencana alam di Kabupaten Maros karena dengan forum ini diharapkan semua dapat dilakukan dengan cepat tepat terencana, terkoordinasi dan terpadu.

“Kita perlu memberikan apresiasi pada BPBD atas terbentuknya forum ini. Ke depan bisa membantu masyarakat dan menguragi resiko bencana alam yang terjadi di Maros,” ujarnya.

Usai pembukaan, perwakilan BMKG Maros menyampaikan materi terkait prediksi cuaca dan deteksi dini bencana alam.

“Perkiraan cuaca dan iklim yang berpontensi menimbulkan bencana ditandai angin didominasi angin timuran yang cukup kuat yang umumnya lebih dingin,” paparnya.

Ia juga meminta masyarakat Maros mewaspadai puncak musim hujan pada Bulan Oktober dan November dan mengingatkan bahaya banjir. Namun juga menyebutkan bahwa banjir tidak hanya karena curah hujan namun juga dari faktor lingkungan dan masyarakat.(*)