FOTO: Suasana pelatihan penyusunan Standar Operational Prosedur Unibos Makassar/Senin, 5 Agustus 2019/Dila Bahar/GOSULSEL.COM

Unibos Perkuat Pengembangan Kualitas

Selasa, 06 Agustus 2019 | 12:36 Wita - Editor: Muhammad Fardi - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Universitas Bosowa (Unibos) Makassar pelatihan penyusunan Standar Operational Prosedur (SOP) di Auditorium Aksa Mahmud, Lantai 9, Gedung II Unibos, pada Senin (05/08/2019).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengembangkan kualitas pada tingkatan mutu gugus fakultas, Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) Unibos.

pt-vale-indonesia

46 peserta yang terdiri dari jajaran Fakultas, Ketua Lembaga dan Biro hadir dalam kegiatan itu. Diketahui kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari.

Ketua BPMI Unibos, Dr. Zulkifli Maulana, MP mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini tidak hanya dilakukan untuk pengembangan kualitas mutu gugus Fakultas, tetapi juga dilakukan sebagai proses pembaharuan SOP yang diberlakukan dalam lingkup Unibos.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang kita laksanakan jika ternyata ada perubahan tata kelola dan sistem di tingkat fakultas dan Unibos. Sehingga SOP juga diperbaharui sesuai kebutuhan dan kondisi saat ini,” kata Zulkifli, Selasa (6/8/2019).

BPMI Unibos tidak hanya memberikan materi dalam penyusunan SOP yang akan diberlakukan, tetapi juga memberikan praktik pembuatan SOP secara langsung.

“Untuk pelatihan mutu gugus fakultas dan lembaga, ini dilakukan agar menjaga kualitas sistem yang ada disetiap unit fakultas maupun biro. Karena pada dasarnya sistem hanya akan berjalan dengan baik apabila semua lini menjalankan sesuai dengan fungsi dan ketentuan yang diberlakukan,” tambah Zulkifli.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Direktur Pendidikan Dasar Menengah Bosowa Education, Hasrul Hidayat yang memaparkan materi terkait prinsip penjaminan mutu dan bagaimana pola pengembangan mutu yang harus dilakukan.

”Mutu itu ada apabila adanya kesesuaian kualitas inheren antara people, product dan customer. Sehingga untuk mencapai sistem manajemen yang baik maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,” ujar Hasrul dalam pemaparannya.

“Seperti kita fokus kepada pelanggan dalam hal ini mahasiswa, memperbaiki kepemimpinan, menerapkan engagement of people, melakukan pendekatan proses, memberikan peningkatan berkelanjutan, harus mampu dalam pengambilan keputusan berdasarkan bukti (data), dan melakukan relationship management,” ucapnya.

“Hanya seluruh SOP yang kita buat akan berlaku dengan baik apa bila prinsip ini pun dapat dipenuhi,” tutup Hasrul Hidayat.(*)