Pemerintah Kabupaten Gowa mengumpulkan seluruh pejuang perintis kemerdekaan RI angkatan 45 yang terdiri dari Legiun Veteran, Pepabri, Warakauri, dan Weredatama, di Baruga Tinggimae Rujab Bupati Gowa, Kamis (8/8/2019)

Pemkab Gowa Kumpulkan Pejuang Perintis Kemerdekaan RI

Kamis, 08 Agustus 2019 | 16:27 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten Gowa mengumpulkan seluruh pejuang perintis kemerdekaan Republik Indonesia (RI) angkatan 45 yang terdiri dari Legiun Veteran, Pepabri, Warakauri, dan Weredatama, di Baruga Tinggimae Rujab Bupati Gowa, Kamis (8/8/2019).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan kegiatan yang dikemas dalam bentuk Ramah Tamah tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74 tahun 2019. Selain itu, Bupati Adnan juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Gowa kepada para pejuang.

muhammad-ismak

Menurut orang nomot satu di Gowa ini, adanya pejuang kemerdekaan yang telah banyak berkontribusi dalam membangun Indonesia khususnya Kabupaten Gowa ke arah yang lebih baik. 

“Dalam membangun Kabupaten Gowa, pemerintah tidak bisa jalan sendiri tetapi mebutuhkan dukungan dari semua pihak, dengan kekompakan kita semua insya Allah Kabupaten Gowa akan mampu jauh lebih baik lagi,” ujar Adnan.



Di tempat yang sama, tokoh masyarakat yang juga mantan Sekda Gowa, Mallingkai Maknun mengungkapkan pesan dan kesannya. Menurutnya generasi sekaranglah yang akan melanjutkan apa yang telah dicanangkan dan diwariskan oleh para pejuang dahulu, salah satunya di bidang pendidikan yang telah ditorehkan alm Ichsan Yasin Limpo di masa menjabat Bupati Gowa dahulu.

“Sebagai generasi pelanjut, tugas utama adalah mengaplikasikan nilai kejuangan, manfaatkan diri untuk hal positif salah satunya mewujudkan Gowa menjadi Kabupaten Pendidikan. Namun disamping itu yang perlu diwarisi dari para pejuang adalah kerelaan berkorban demi kepentingan orang banyak dan tidak kenal menyerah serta rasa tanggungjawab yang tinggi,” pesannya.

Sementara itu, salah satu perintis kemerdekaan Gowa Weredatama, Tamrin Djallo mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap Kabupaten Gowa mampu bersaing dengan kabupaten-kabupaten di Indonesia.

“Ini adalah hal positif, karena Pemkab masih memperhatikan kita, semoga ke depannya Gowa lebih berani unjuk gigi dan membuktikan Gowa bisa, apalagi sudah banyak sekali penghargaan nasional yang diterima,” harapnya.

Sekadar diketahui, sebelum dimulainya ramah tamah, para perintis kemerdekaan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan dan diberi obat atas keluhan penyakitnya serta pemberian bingkisan. 

Turut hadir unsur Forkopimda Kabupaten Gowa, Ketua Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.(*)

BACA JUGA